Search

Ini Biang Kerok IHSG Rontok - Investor.ID

JAKARTA, investor.id - IHSG rontok 49,78 poin (0,7%) ke level 7.037,5 pada penutupan sesi I, Senin (22/4/2024). Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, biang kerok IHSG rontok hari ini adalah sentimen dalam negeri. Apa itu?

Pilarmas menjelaskan, sentimen dari dalam negeri tersebut adalah terkait dengan hasil sidang Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai sengketa pemilihan presiden (pilpres) 2024 yang dapat berdampak pada pergerakan IHSG serta Rupiah. “Hal ini memicu sikap wait and see para pelaku pasar,” tulis Pilarmas dalam risetnya, Senin (22/4/2024).

Sementara itu, Pilarmas mengatakan, indeks saham Asia didominasi penguatan pada sesi pertama hari ini, hal ini tidak lepas dengan meredanya ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Pada Jumat, Iran mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk membalas serangan Israel yang sebelumnya menyerang perbatasan Iran menggunakan drone menyusul serangan yang sebelumnya dilancarkan Iran ke Israel beberapa hari sebelumnya.

Advertisement

Namun, pasar tampaknya tetap memperhatikan perkembangan ketegangan konflik di Timur Tengah sebab Irak pada hari minggu telah meluncurkan 5 roket yang menargetkan pangkalan militer AS di Suriah. “Di pasar komoditas, harga minyak WTI mulai menurun sebab adanya peningkatan stok minyak mentah AS,” jelas Pilarmas.

Di China, People Bank of China (PBoC) tetap mempertahankan tingkat suku bunga pinjaman acuannya atau Loan Prime Rate (LPR) untuk jangka waktu 1 tahun maupun 5 tahun yang berada di level 3,45% dan 3,95%. Hal ini sejalan dengan capaian Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok pada kuartal I 2024 yang sebesar 5,3% YoY melampaui konsensus pasar yang sebesar 5% YoY.

Editor: Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

IDTV Link
LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiPWh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM1OTYxMS9pbmktYmlhbmcta2Vyb2staWhzZy1yb250b2vSAQA?oc=5

2024-04-22 06:21:00Z
CBMiPWh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM1OTYxMS9pbmktYmlhbmcta2Vyb2staWhzZy1yb250b2vSAQA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Biang Kerok IHSG Rontok - Investor.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.