Search

Mobil Listrik Pertama yang Pakai Baterai Buatan RI Resmi Diproduksi - detikOto

Jakarta -

Hyundai resmi memulai produksi all-new Kona Electric. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang menggunakan baterai buatan Indonesia.

Hyundai Kona Electric terbaru diproduksi secara massal di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI). Sehari sebelum peluncurannya di GIIAS 2024, HMMI mulai memproduksi massal Kona Electric.

All-new Kona Electric merupakan mobil listrik produksi Indonesia yang menandai komitmen Hyundai dalam menciptakan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Mobil baru ini adalah mobil listrik pertama Hyundai yang menggunakan bukan hanya baterai buatan Indonesia namun juga ditenagai oleh baterai sel buatan lokal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hyundai all-new KONA Electric merupakan EV pertama di Indonesia yang benar-benar diproduksi melalui seluruh rantai nilai produksi EV, mulai dari sel baterai, paket baterai hingga menjadi all-new KONA Electric. Ini adalah bukti inovasi Hyundai dan komitmen terhadap masa depan yang berkelanjutan, serta akan terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan lingkungan Indonesia di luar memproduksi kendaraan. Kami akan terus memberikan dampak positif pada lingkungan dan ekonomi lokal,"kata Sunny Kim, President of Hyundai Motor Asia Pacific dikutip dari siaran persnya, Selasa (16/7/2024).

Hyundai Kona Electric dilengkapi dengan baterai yang diproduksi oleh PT Hyundai Energy Indonesia (HEI) dan sel yang disuplai oleh PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power. Pendekatan ini mendukung industri dalam negeri, inisiatif pemerintah, dan mengurangi jejak lingkungan mobil.

ADVERTISEMENT
Hyundai Kona ElectricHyundai Kona Electric Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Dengan All-New KONA Electric, kami bertujuan untuk memperkuat peran Indonesia sebagai pemimpin global dalam produksi EV dan industri otomotif secara keseluruhan," sebut Sunny Kim.

Hyundai Kona Electric diproduksi di pabrik HMMI yang punya kapasitas produksi hingga 150.000 kendaraan per tahun, dengan kemampuan untuk diperluas hingga 250.000 unit. Fasilitas ini memproduksi beberapa model Hyundai, termasuk CRETA, IONIQ 5, SANTA FE, STARGAZER, dan All-New KONA Electric.

HMMI berfungsi sebagai pusat ekspor penting. Mobil-mobil Hyundai yang diproduksi di pabrik HMMI diekspor ke pasar utama di seluruh Asia-Pasifik, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika.

Pabrik ini didukung oleh 100% energi listrik terbarukan, memanfaatkan panel surya dan tenaga air. HMMI menggunakan Regenerative Thermal Oxidizers (RTO) untuk meminimalkan polusi dan mengurangi Senyawa Organik Volatil (VOCs) yang berbahaya yang dilepaskan selama produksi. Ini memastikan lingkungan yang lebih bersih bagi pekerja dan komunitas sekitarnya.


(rgr/dry)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzQ0MTg5Ny9tb2JpbC1saXN0cmlrLXBlcnRhbWEteWFuZy1wYWthaS1iYXRlcmFpLWJ1YXRhbi1yaS1yZXNtaS1kaXByb2R1a3Np0gF1aHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL21vYmlsLWxpc3RyaWsvZC03NDQxODk3L21vYmlsLWxpc3RyaWstcGVydGFtYS15YW5nLXBha2FpLWJhdGVyYWktYnVhdGFuLXJpLXJlc21pLWRpcHJvZHVrc2kvYW1w?oc=5

2024-07-16 13:10:41Z
CBMicWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzQ0MTg5Ny9tb2JpbC1saXN0cmlrLXBlcnRhbWEteWFuZy1wYWthaS1iYXRlcmFpLWJ1YXRhbi1yaS1yZXNtaS1kaXByb2R1a3Np0gF1aHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL21vYmlsLWxpc3RyaWsvZC03NDQxODk3L21vYmlsLWxpc3RyaWstcGVydGFtYS15YW5nLXBha2FpLWJhdGVyYWktYnVhdGFuLXJpLXJlc21pLWRpcHJvZHVrc2kvYW1w

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mobil Listrik Pertama yang Pakai Baterai Buatan RI Resmi Diproduksi - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.