Search

Pertamina Tegaskan Masih Salurkan Pertalite di Seluruh Indonesia - detikFinance

Jakarta -

Pertalite sebagai bahan bakar utama masyarakat, masih tetap disalurkan di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini diungkapkan dalam pers rilis PT Pertamina Patra Niaga yang menegaskan bahwa tetap menyalurkan BBM jenis Pertalite (RON 90) kepada masyarakat sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tentang Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) tanggal 10 Maret 2022.

Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan menjelaskan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen menjalankan keputusan pemerintah yang mengatur Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP), yaitu bensin dengan RON 90 untuk disalurkan kepada masyarakat.

"Wilayah penugasan penyediaan dan pendistribusian Pertalite diatur untuk seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, kami sampaikan bahwa Pertalite saat ini disediakan di seluruh wilayah operasional Pertamina Patra Niaga, termasuk wilayah Regional Jawa Bagian Barat yang mencakup Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat," kata Eko dalam siaran pers, Jumat (10/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepmen tersebut turut menetapkan pengaturan, pengawasan, dan pengendalian alokasi volume penyediaan dan pendistribusian JBKP dilakukan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas).

"Dalam penyediaan dan pendistribusian Pertalite, Pertamina menyalurkan sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan oleh badan pengatur," lanjut Eko.

ADVERTISEMENT

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto P Ginting, juga menegaskan bahwa Pertalite masih disalurkan ke seluruh wilayah. Dalam pernyataannya, ia berharap agar masyarakat tidak khawatir.

Irto menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk mengikuti dan menjalankan semua kebijakan pemerintah dengan menjalankan penugasan penyaluran BBM Subsidi.

Berdasarkan rilisan pers PT Pertamina Patra Niaga, penyaluran Pertalite secara nasional tercatat 9,9 juta kiloliter dari total kuota Pertalite tahun 2024. Hal itu sejalan dengan berdasarkan ketetapan BPH Migas, yaitu penyaluran BBM sebesar 31,7 juta kiloliter. Adapun wilayah pemasaran regional Jawa bagian Barat tercatat realisasi penyaluran Pertalite sebesar 2,7 juta kiloliter hingga saat ini.

Pertamina Patra Niaga juga mendorong digitalisasi penyaluran BBM subsidi melalui program Subsidi Tepat dalam rangka pemantauan pelaksanaan distribusi Pertalite. Program tersebut berupaya untuk memastikan transparansi penyaluran BBM subsidi.

Selain itu, program Subsidi Tepat dapat dipantau secara real time sehingga mencegah adanya potensi penyelewengan di lapangan. Pertamina Patra Niaga juga mengimbau konsumen agar selalu menggunakan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

(kil/kil)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMia2h0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vZW5lcmdpL2QtNzMzNDA2OS9wZXJ0YW1pbmEtdGVnYXNrYW4tbWFzaWgtc2FsdXJrYW4tcGVydGFsaXRlLWRpLXNlbHVydWgtaW5kb25lc2lh0gFvaHR0cHM6Ly9maW5hbmNlLmRldGlrLmNvbS9lbmVyZ2kvZC03MzM0MDY5L3BlcnRhbWluYS10ZWdhc2thbi1tYXNpaC1zYWx1cmthbi1wZXJ0YWxpdGUtZGktc2VsdXJ1aC1pbmRvbmVzaWEvYW1w?oc=5

2024-05-10 12:30:33Z
CBMia2h0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vZW5lcmdpL2QtNzMzNDA2OS9wZXJ0YW1pbmEtdGVnYXNrYW4tbWFzaWgtc2FsdXJrYW4tcGVydGFsaXRlLWRpLXNlbHVydWgtaW5kb25lc2lh0gFvaHR0cHM6Ly9maW5hbmNlLmRldGlrLmNvbS9lbmVyZ2kvZC03MzM0MDY5L3BlcnRhbWluYS10ZWdhc2thbi1tYXNpaC1zYWx1cmthbi1wZXJ0YWxpdGUtZGktc2VsdXJ1aC1pbmRvbmVzaWEvYW1w

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertamina Tegaskan Masih Salurkan Pertalite di Seluruh Indonesia - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.