Search

Peluang Sinar Mas dalam Merger XL dan Smartfren, plus Target Harga Saham - Investor.ID

JAKARTA, investor.id – Axiata Group Bhd dan Grup Sinar Mas telah mengungkapkan rencana penggabungan usaha (merger) antara PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). Ini menunjukkan Axiata Group & Sinar Mas akan memiliki saham pengendali dan seimbang di entitas hasil merger (MergeCo).

Axiata telah meneken memorandum of understanding (MoU) yang bersifat tidak mengikat dengan Grup Sinar Mas melalui PT Wahana Inti Nusantara (WIN), PT Global Nusa Data (GND), dan PT Bali Media Telekomunikasi (BMT).

Axiata dan XL siap menawarkan skala dan keahlian di bidang keuangan dan telekomunikasi, sedangkan Sinar Mas menawarkan skala lokal dan pengetahuan pasar. “Kami berasumsi XL (EXCL) bakal menjadi entitas yang bertahan dalam kesepakatan pertukaran saham, karena branding yang kuat, keahlian di industri telekomunikasi, dan kebutuhan Axiata mempertahankan skala di tingkat regional,” tulis analis BRI Danareksa Sekuritas, Niko Margaronis dalam risetnya, Kamis (16/5/2024).

Advertisement

Menurut dia, EBITDA entitas gabungan menunjukkan bahwa Axiata dan Sinar Mas mungkin memiliki sekitar 75% dan 25% di MergeCo XL & Smartfren. “Karena itu, Sinar Mas bisa melakukan top-up melalui waran FREN yang masih beredar untuk mendapatkan kendali lebih besar,” jelas Niko.

Dia juga menyebutkan bahwa tambahan nilai untuk XL (EXCL) dan Smartfren (FREN) melalui alokasi spektrum gabungan dan optimalisasi lokasi menara. Hal itu memungkinkan MergeCo EXCL & FREN menawarkan pengalaman konsumen yang lebih baik, seperti yang ditekankan dalam MoU.

“Karena itu, kami yakin nilai gabungan perusahaan telekomunikasi harus lebih tinggi dari total nilai dua entitas yang berdiri sendiri, mirip dengan sinergi merger Indosat Ooredoo Hutchison (ISAT) atau IOH,” sebut dia.

Rekomendasi dan Target Harga Saham 

Editor: Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

IDTV Link
LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiaWh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM2MTc0NS9wZWx1YW5nLXNpbmFyLW1hcy1kYWxhbS1tZXJnZXIteGwtZGFuLXNtYXJ0ZnJlbi1wbHVzLXRhcmdldC1oYXJnYS1zYWhhbdIBAA?oc=5

2024-05-16 07:00:00Z
CBMiaWh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM2MTc0NS9wZWx1YW5nLXNpbmFyLW1hcy1kYWxhbS1tZXJnZXIteGwtZGFuLXNtYXJ0ZnJlbi1wbHVzLXRhcmdldC1oYXJnYS1zYWhhbdIBAA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peluang Sinar Mas dalam Merger XL dan Smartfren, plus Target Harga Saham - Investor.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.