Search

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 25 September 2019 - Bisnis.com

Kurs Rupiah Dibuka Melemah Tipis 6 Poin

Nilai tukar rupiah diperkirakan tetap terjaga di zona aman sehingga fluktuasi rupiah tampak cenderung stabil.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan bahwa pemerintah telah memastikan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa tidak akan berimbas ke pasar keuangan domestik seiring dengan keputusan ditundanya pengesahan rancangan undang-undang.

“Dengan penundaan tersebut pelaku pasar akan tetap tenang dan masyarakat tidak khawatir dengan demonstrasi yang terjadi saat ini sehingga tidak pengaruhi rupiah,” ujar Ibrahim kepada Bisnis, Selasa (24/9/2019).

Selain itu, meski terdapat capital outflow yang mencapai sekitar Rp1 triliun pada perdagangan hari ini menjadi katalis negatif bagi rupiah, sentimen tersebut berhasil ditangkis oleh Bank Indonesia.

Bank Indonesia telah melakukan intervensi melalui transaksi di pasar valas dan obligasi dalam perdagangan DNDF sehingga rupiah mampu menghindari penurunan yang tajam.

Ibrahim mengatakan bahwa dengan fundamental ekonomi yang cukup baik saat ini, intervensi tersebut membantu mata uang Garuda tetap terjaga di zona aman sehingga fluktuasi rupiah tampak cenderung stabil.

Dia memprediksi pada perdagangan Rabu (25/9/2019) rupiah masih akan berada dalam tekanan untuk bergerak melemah tetapi terbatas akibat intervensi Bank Indonesia dalam perdagangan DNDF. Dia memperkirakan rupiah bergerak di kisaran Rp14.070 per dolar AS hingga Rp14.125 per dolar AS.

Sementara itu, Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan bahwa sentimen eksternal masih lebih dominan dibandingkan dengan aksi unjuk rasa mahasiswa pada pergerakan rupiah kali ini.

“Sentimen eksternal masih lebih besar mempengaruhi pergerakan rupiah seperti kekhawatiran perang dagang dan pelambatan ekonomi global,” ujar Ariston kepada Bisnis.

Hingga kini, pasar masih mengkhawatirkan kelanjutan pertemuan tingkat tinggi antara AS dan China pada awal Oktober terancam batal. Terdapat isu yang beredar bahwa AS dan China belum mencapai kesepakatan pada pertemuan dengan delegasi dagannya pada pekan lalu.

Selain itu, adanya pembatalan kunjungan delegasi China ke peternakan AS juga telah memberikan sinyal negatif mengenai prospek negosiasi dagang.

“Kalaupun pelemahan rupiah kali ini karena internal kisruh demo, harusnya pelemahan rupiah bisa lebih dalam dan volatilitasnya lebih besar, tetapi ternyata tidak,” ujar Ariston.

Kendati demikian, Ariston menilai jika aksi unjuk rasa meluas, berlarut, dan menjadi semakin tidak kondusif maka baru akan mempengaruhi pergerakan rupiah.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 0,2% atau 29 poin menjadi Rp14.114 per dolar AS, menjadi mata uang dengan kinerja terlemah kedua di antara mata uang Asia lainnya.

Sementara itu, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang mayor bergerak stabil di level 98,603.

Let's block ads! (Why?)


https://market.bisnis.com/read/20190925/93/1152042/nilai-tukar-rupiah-terhadap-dolar-as-hari-ini-25-september-2019

2019-09-25 08:41:00Z
52781819123999

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 25 September 2019 - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.