Search

Kelar di 2019, Bendungan Bendo akan Pasok Air 7.700 Ha Lahan Pertanian

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Bendungan Bendo yang berlokasi di Desa Ngindeng, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur (Jatim), kemarin.

Bendungan multiguna dengan total luas genangan sebesar 169,64 hektar dibangun untuk meningkatkan suplai air irigasi seluas kurang lebih 7.700 hektar lahan pertanian. Lahan tersebut berada di Kabupaten Ponorogo dan Madiun sebagai salah satu sentra pertanian Jatim.

Jokowi mengatakan, dengan daya tampung 43,14 juta m3, Bendungan Bendo diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam dari sekali menjadi hingga tiga kali tanam dalam satu tahun.

"Bendungan ini sangat penting sekali selain untuk pengairan sawah-sawah, tetapi juga untuk pemenuhan kebutuhan air baku warga sekitar," tuturnya di sela-selan peninjauan Bendungan Bendo, Jatim dalam keterangan tertulis, Sabtu (05/01/2019).

Jokowi menambahkan, selain Bendungan Bendo, pemerintah melalui Kementerian PUPR juga tengah membangun sejumlah bendungan lain di Provinsi Jatim. Adapun Bendungan itu antara lain Bendungan Tukul, Tugu, Bagong, Semantok, dan Gongseng.

"Banyak sekali dibangun di Jawa Timur karena memang diperlukan sebagai lumbungnya pangan Indonesia," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3863555/kelar-di-2019-bendungan-bendo-akan-pasok-air-7700-ha-lahan-pertanian

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kelar di 2019, Bendungan Bendo akan Pasok Air 7.700 Ha Lahan Pertanian"

Post a Comment

Powered by Blogger.