Search

Penting, Ini Cara Tepat Hitung Bunga Deposito

Kasus 1: Bunga deposito lebih atau sama dengan 7,5 juta.

Kamu dan pasangan sama-sama memiliki tabungan sebesar 15 dan 21 juta rupiah. Kamu menginvestasikan dana tersebut dalam jangka waktu 12 bulan. Besaran bunga yang akan ditetapkan 7,5 persen selama 12 bulan. Rumus perhitungannya adalah jumlah yang disimpan dikali bunga per tahun dikali 80 persen tenor.

Angka 80 persen di atas adalah persentase keuntungan yang didapat setelah dipotong persentase pajak 20 persen. Oleh karena suku bunga tenor 12 bulan adalah 7,5 persen, maka dana yang disimpan harus dikurangi 20 persen dari 7,5 persen sehingga didapatkan 1,5 persen dari nilai simpanan tersebut. Hasil akhir yang didapat untuk bunga riilnya adalah 6 persen untuk bunga simpanan di atas 7,5 juta.

Tinggal hitung saja berapa bunga riil yang akan didapat. Bunga deposito = Rp 36 juta x 6 persen : 12 bulan. Hasilnya adalah Rp 225 ribu per bulan. Rp 225 ribu per bulan dikali 12 bulan. Maka, jumlah keuntungan yang didapat adalah Rp 2,7 juta per tahun.

Kasus 2: Deposito di Bawah 7,5 Juta

Untuk suku bunga di bawah dua juta, hitungannya akan mudah. Misalnya bila kamu memiliki tabungan 6 juta dan mengambil tenor 6 bulan. Bunga yang ditetapkan adalah 5 persen dari total dana. Untuk rumus hitungannya adalah jumlah uang simpanan dikali bunga per tahun dikali tenor.

Untuk hitungannya, tinggal kalikan saja Rp 6 juta x 5 persen x 5. Hasilnya adalah Rp 150 ribu. Kurang lebih begitulah perhitungan bunga deposito yang akan kamu dapatkan di akhir masa deposito kamu.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3861444/penting-ini-cara-tepat-hitung-bunga-deposito

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penting, Ini Cara Tepat Hitung Bunga Deposito"

Post a Comment

Powered by Blogger.