Search

Sandiaga Uno Klaim Bangun Tol Cipali Tanpa Utang, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) kembali mendapat sorotan pada awal 2019. Ini lantaran calon wakil presiden urut 02, Sandiaga Uno menyatakan kalau membangun tol Cipali itu tanpa utang.

"Saya sudah membangun Cikopo-Palimanan 116 kilometer tanpa utang sama sekali. Sudah dibuktikan, dan Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) dan Pak Darmin (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian) sudah mengakui juga," klaim Sandiaga Uno, Rabu 2 Januari 2019.

Saat ini pemerintah gencar membangun infrastruktur di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konektivitas, daya saing dan memeratakan pembangunan.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah menuturkan, pembangunan infrastruktur sepanjang 2014-2019 butuh biaya Rp 5.000 triliun. Pendanaan tersebut tidak hanya dipenuhi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saja.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ), Herry TZ menuturkan, ada sejumlah alternatif pembangunan infrastruktur terutama jalan tol yang telah dilakukan. Pembiayaan infrastruktur itu antara lain:

1.Pemerintah dengan APBN bisa rupiah murni atau utang.

2. Kerja sama pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), pembayaran dari pendapatan seperti jalan tol.

3. KPBU ketersediaan layanan (availability payment). Jadi badan usaha pelaksana membangun terlebih dahulu, dibayar pemerintah secara diangsur sesuai ketersediaan layanan.

"Cipali itu skema kedua. Badan usaha jalan tol (BUJT) membangun selanjutnya dibayar dari pendapatan tol," ujar Herry saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (3/1/2019).

Oleh karena itu, pemerintah tidak mengandalkan pembangunan infrastruktur dari utang saja. Apalagi menurut Herry, pembiayaan infrastruktur dengan memakai skema kerja sama pemerintah dan badan usaha telah dilakukan sejak 1990.

Untuk pembiayaan pembangunan jalan tol tersebut umumnya dilakukan dengan pakai skema kedua. Oleh karena itu, Herry menuturkan, pembiayaan infrastruktur tol tanpa utang dapat saja dilakukan.

"Skema dua itu sejak tahun 1990-an. Skema ketiga mengacu pada perpres 38 tahun 2015. Contohnya palapa ring, jalan nontol masih persiapan, jalan tol dukungan pemerintah tapi tidak jadi, dan sektor lain yang masih dalam persiapan,” tutur dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3862225/sandiaga-uno-klaim-bangun-tol-cipali-tanpa-utang-benarkah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sandiaga Uno Klaim Bangun Tol Cipali Tanpa Utang, Benarkah?"

Post a Comment

Powered by Blogger.