JAKARTA, KOMPAS.com - PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) buka suara terkait aksi demonstrasi Komunitas Korban Asuransi.
Direktur Kepatuhan AXA Mandiri Rudy Kamdani mengatakan, selain penyelesaian melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK), pihaknya juga mengaku telah menyelesaikan sejumlah keluhan nasabah secara langsung.
AXA Mandiri juga berjanji terbuka untuk menempuh berbagai upaya penyelesaian masalah.
"Kami akan tunduk dan melaksanakan apa pun keputusan LAPS SJK sebagai Lembaga penyelesaian sengketa yang independen sesuai dengan perundang-undangan, termasuk jika keputusannya mewajibkan pengembalian premi kepada nasabah," kata Rudi dalam keterangannya, Rabu (22/3/2022).
Baca juga: Korban Asuransi Unit Link Demo Minta Pengembalian Dana, Ini Tanggapan Prudential
Ia mengatakan, pihaknya menghormati setiap aspirasi yang disampaikan oleh nasabah. Dalam hal ini, ia selalu berusaha menangani dan menyelesaikan setiap pengaduan sesuai prosedur dan ketentuan yang tercantum pada polis.
Saat ini, AXA Mandiri sedang melakukan penyelesaian keluhan nasabah melalui LAPS SJK sesuai arahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
LAPS SJK adalah lembaga independen yang dibentuk sesuai dengan perundang-undangan sebagai bentuk penyelesaian di luar pengadilan.
Baca juga: Seruan Korban Unit Link: OJK adalah Otoritas, Jangan Takut dengan Perusahaan Asuransi...
Sebelumnya, Komunitas Korban Asuransi telah melakukan aksi massa di depan Gedung OJK. Dalam unjuk rasanya, komunitas korban asuransi ini mengusung tiga tuntutan.
Pertama, korban ingin OJK segera membantu mengembalikan uang para korban dari tiga perusahaan asuransi tersebut. Selanjutnya, mereka juga menuntut adanya moratorium atau menghapuskan unit link dan meminta adanya audiensi bersama OJK dan ketiga perusahaan asuransi.
Dikutip dari Kontan, berdasarkan catatan para korban tersebut per 7 Maret 2022, kerugian nasabah AXA Mandiri dalam kasus unit link ini mencapai Rp 2,4 miliar. Adapun, kerugian tersebut dialami oleh 90 polis.
Baca juga: Komunitas Korban Asuransi Enggan Bawa Kasus ke LAPS SJK
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMicGh0dHBzOi8vbW9uZXkua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjIvMDMvMjMvMDkwNjIzMTI2L3RhbmdnYXBpLWRlbW8ta29yYmFuLWFzdXJhbnNpLXVuaXQtbGluay1pbmktamFuamktYXhhLW1hbmRpcmnSAXRodHRwczovL2FtcC5rb21wYXMuY29tL21vbmV5L3JlYWQvMjAyMi8wMy8yMy8wOTA2MjMxMjYvdGFuZ2dhcGktZGVtby1rb3JiYW4tYXN1cmFuc2ktdW5pdC1saW5rLWluaS1qYW5qaS1heGEtbWFuZGlyaQ?oc=5
2022-03-23 02:06:00Z
1348411614
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Tanggapi Demo Korban Asuransi Unit Link, Ini Janji AXA Mandiri - Kompas.com - Kompas.com"
Post a Comment