Search

Pabrikan Prancis Ini Bakal Rakit Mobil di Indonesia Mulai Juli 2024 - detikOto

Jakarta -

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Rachmat Kaimuddin memastikan, produsen legendaris asal Prancis, Citroen mulai merakit mobil listrik di Indonesia tahun ini.

Kepastian tersebut disampaikan Rachmat dalam acara bertajuk 'Update dan Sosialisasi Insentif atas Investasi KBLBB kepada Stakeholder' di DKI Jakarta.

"Dia bilang bulan Juli 2024, dia sudah mau berproduksi (merakit mobil di Indonesia)," ujar Rachmat Kaimuddin, dikutip dari Antara, Sabtu (2/3).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Experience Center Citroen Indonesia.Mobil Citroen di Indonesia Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

Perakitan mobil listrik tersebut nantinya melibatkan PT National Assembler selaku perusahaan perakitan dari India, Grup Indomobil sebagai distributor tunggal merek Citroen di Indonesia, dan Stellantis yang merupakan pemilik merek Citroen tingkat global.

"Dia (Citroen) kayaknya menggunakan fasilitas yang sudah ada, tapi bawa CKD (completely knock down). Sudah ada assembler-nya (perakitnya) di sini," tegasnya.

Sebelumnya, Tan Kim Piauw selaku Chief Executive Officer (CEO) Citroen Indonesia sempat memberikan bocoran mengenai rencana merakit mobil listrik di dalam negeri. Kata dia, perakitan tersebut akan menggunakan fasilitas Indomobil Group yang berada di Purwakarta, Jawa Barat.

"Jadi kami punya dua fasilitas produksi, di Pulogadung dan Purwakarta. Nah, untuk Citroen, kita fokuskan di Purwakarta. Kami bakal meningkatkan kapasitas produksi seiring dengan berjalannya (line) Citroen," ungkapnya.

Tan menjelaskan, sebagai permulaan, pabrik Citroen di Purwakarta hanya ditujukan untuk permintaan domestik. Pihaknya tak menutup kemungkinan mengekspor unitnya ke luar negeri. Hanya saja, kata dia, bukan dalam waktu dekat.

Citroen E-C4 di pameran JAW 2023Citroen E-C4 di pameran JAW 2023 Foto: Rafly Adli Krisdianto/detikOto

Ketika ditanya mengenai kapasitas produksi pabrik Citroen di Purwakarta, Tan tak bisa mengurainya secara lugas. Dia hanya memastikan, fasilitas tersebut bisa melahirkan ribuan unit kendaraan setiap bulan.

"(Selain Citroen), pabrik Indomobil yang ada Purwakarta sekarang baru memproduksi mobil Volkswagen. Jadi sangat memungkinkan untuk menambah kapasitasnya," kata dia.

Sebagai catatan, Citroen merupakan merek legendaris asal Prancis yang telah ada sejak 1919. Mereka dikenal berkat suspensi hidroliknya yang empuk dan nyaman. Bahkan, mereka mengibaratkannya seperti berkendara di karpet terbang.

Citroen sempat besar di Indonesia sebelum hengkang pada 1994. Pada akhir 2022, mereka kembali ke dalam negeri di bawah payung Indomobil Group.

Simak Video "Pabrik Cat di India Terbakar dan Runtuh, 11 Karyawan Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/dry)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiaWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTcyMjE4MzAvcGFicmlrYW4tcHJhbmNpcy1pbmktYmFrYWwtcmFraXQtbW9iaWwtZGktaW5kb25lc2lhLW11bGFpLWp1bGktMjAyNNIBbWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTcyMjE4MzAvcGFicmlrYW4tcHJhbmNpcy1pbmktYmFrYWwtcmFraXQtbW9iaWwtZGktaW5kb25lc2lhLW11bGFpLWp1bGktMjAyNC9hbXA?oc=5

2024-03-02 10:03:32Z
CBMiaWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTcyMjE4MzAvcGFicmlrYW4tcHJhbmNpcy1pbmktYmFrYWwtcmFraXQtbW9iaWwtZGktaW5kb25lc2lhLW11bGFpLWp1bGktMjAyNNIBbWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTcyMjE4MzAvcGFicmlrYW4tcHJhbmNpcy1pbmktYmFrYWwtcmFraXQtbW9iaWwtZGktaW5kb25lc2lhLW11bGFpLWp1bGktMjAyNC9hbXA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pabrikan Prancis Ini Bakal Rakit Mobil di Indonesia Mulai Juli 2024 - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.