Search

Tips Analisis Keuangan Agar Keluarga Harmonis

Selain menganalisa pengeluaran dan pemasukan, Anda juga harus tahu berapa jumlah utang dan harta yang dimiliki dengan jelas. Jangan sampai jumlah utang lebih dari penghasilan Anda tiap bulan, karena bisa berisiko menimbulkan kredit macet.

Selain itu, Anda juga akan sulit hidup tenang, karena diburu utang tiap hari. Lebih baik ketahui kemampuan Anda. Berapa penghasilan tiap bulan setelah dikurangi semua kewajiban dan kebutuhan lainnya.

Lalu apa keperluan utang tersebut, penting atau hanya sekadar jaga gengsi? Gali terus secara mendalam apa keuntungan dan risikonya sebelum berpikir untuk memperoleh pinjaman, apalagi jika harus berurusan dengan bank dan sejenisnya.

Ada baiknya untuk menganalisanya dengan mulai mengevaluasi berapa besar jumlah kewajiban yang harus dibayarkan tiap bulan. Lalu bandingkan dengan jumlah pendapatan bulanan, jika jumlah utang lebih dari 50 persen, maka berhentilah untuk menumpuk utang lagi.

Karena seharusnya alarm sudah berbunyi keras, bagaimana bisa mencukupi kebutuhan keluarga jika setengah dari gajinya habis hanya untuk bayar utang. Idealnya jumlah kewajiban utang tiap bulan tak boleh lebih dari 30 persen dari gaji yang didapat tiap bulan, sehingga tidak perlu kalang kabut dan kebutuhan lainnya masih bisa terpenuhi.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3863514/tips-analisis-keuangan-agar-keluarga-harmonis

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Analisis Keuangan Agar Keluarga Harmonis"

Post a Comment

Powered by Blogger.