Search

Canggihnya Kendaraan Amfibi TNI yang Bisa Jadi Jembatan - detikOto

Jakarta -

Kendaraan amfibi raksasa mejeng di area Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Namanya Amphibious Ponton M3I yang bisa mengapung di air hingga menjadi jembatan.

M3I adalah kendaraan yang bisa berubah menjadi jembatan. Kendaraan itu merupakan salah satu aset Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 9 Kostrad Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat. Dia mejeng sebagai kendaraan ikonik di IIMS 2024.

"Fungsinya ini bisa jadi jembatan dan bisa jadi (kapal) ferry untuk nyebrangin personel, perlengkapan, dan kendaraan bantuan," ujar Anggota Yonzipur 9 Serka Afrianus saat ditemui detikcom di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (16/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menjelaskan M3I adalah kendaraan amfibi yang dikembangkan oleh perusahaan Jerman, Eisenwerke Kaiserslautern, lalu sejak 2002 dibuat oleh General Dynamics European Land System.

M3I Amphibious RigM3I Amphibious Rig Foto: Ridwan Arifin

Saat melintas di darat, M3I tak ubahnya seperti truk raksasa. Dia memiliki panjang 13,03 meter, lebar 3,35 meter, dan tinggi 3,97 meter.

M3 Amphibious Rig merupakan kendaraan berpenggerak 4x4. Dia menggunakan mesin diesel 6 silinder segaris yang bisa memuntahkan tenaga 298 kW. Saat melaju di jalan aspal bisa mencapai kecepatan 80 km/jam.

Untuk menjalani operasi amfibi, M3I juga dilengkapi dengan ponton yang dipasang pada bagian lambung truk. M3I bisa membawa ranpur atau logistik. Bahkan bisa menampung tank Leopard. Saat berada di air, M3I bisa melaju 14 km/jam.

M3I Amphibious RigM3I Amphibious Rig Foto: Ridwan Arifin

"Kalau untuk muatan berat yang bisa ditampung, bisa sampai 80 ton. Tank Leopard itu bisa. Pas di Baturaja kita latihan," ujar Afrianus.

Untuk mendukung jalannya operasi amfibi, M3I dapat menurunkan dua ponton besar berbahan aluminium. Beberapa ponton yang mengapung dapat dikaitkan sehingga membentuk konektor yang cukup panjang, dan disebut Ramps.

M3I Amphibious RigM3I Amphibious Rig Foto: Ridwan Arifin

"Kita pernah latihan di Baturaja, seluruh kecabangan TNI Angkatan Darat latihan gabungan. Selama barang ini ada di Indonesia baru tiga kali latihan, datangnya ke Indonesia tahun 2019," ujar dia.

M3 dilengkapi propeller dan dikendalikan oleh 2 fully traversable pump jets. Tiga ponton yang dikaitkan dapat membawa dua unit MBT (Main Battle Tank) Leopard.

Dikutip dari laman TNI, M3 Amphibious Rig sudah battle proven saat digunakan militer Inggris dalam mendukung Operasi Telic dalam invasi Irak. Sampai saat ini pengguna M3 Amphibious Rig adalah Brasil, Singapura, Taiwan, Inggris dan Jerman.

Satu unit M3 saat menjalankan fungsi sebagai integrator dapat mengaitkan empat ponton. Dalam simulasi, delapan unit M3 yang membentang dapat membentuk jembatan dengan panjang 100 meter. Perannya sebagai sistem integrasi pada jembatan ponton.

Simak Video "Korea Selatan Kerahkan Marinir Hadapi Topan Hinnamnor"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiXmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC03MTk4OTE1L2NhbmdnaWhueWEta2VuZGFyYWFuLWFtZmliaS10bmkteWFuZy1iaXNhLWphZGktamVtYmF0YW7SAWJodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNzE5ODkxNS9jYW5nZ2lobnlhLWtlbmRhcmFhbi1hbWZpYmktdG5pLXlhbmctYmlzYS1qYWRpLWplbWJhdGFuL2FtcA?oc=5

2024-02-18 00:01:15Z
CBMiXmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC03MTk4OTE1L2NhbmdnaWhueWEta2VuZGFyYWFuLWFtZmliaS10bmkteWFuZy1iaXNhLWphZGktamVtYmF0YW7SAWJodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNzE5ODkxNS9jYW5nZ2lobnlhLWtlbmRhcmFhbi1hbWZpYmktdG5pLXlhbmctYmlzYS1qYWRpLWplbWJhdGFuL2FtcA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Canggihnya Kendaraan Amfibi TNI yang Bisa Jadi Jembatan - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.