Search

Sumber Harta 5 Orang RI yang Masuk Daftar Terkaya Dunia - Detikcom

Jakarta -

Majalah Forbes telah merilis daftar orang terkaya dunia tahun 2020. Dari daftar, ada nama-nama yang berasal dari Indonesia.

Urutan orang terkaya tahun ini sedikit berubah, namun posisi puncak orang terkaya dunia asal Indonesia masih diduduki oleh Hartono bersaudara.

Dikutip dari Forbes, Rabu (8/4/2020), berikut ini profil orang terkaya Indonesia versi Forbes yang dipilih detikcom dari lima teratas:

1. Hartono Bersaudara

Nama Budi Hartono dan Michael Hartono barangkali tak asing lagi bagi banyak orang Indonesia. Keduanya merupakan kakak beradik yang menduduki posisi orang terkaya di Indonesia selama 12 tahun berturut-turut terhitung sejak 2008.

Keduanya mencantumkan kekayaan secara terpisah. Budi Hartono, mengantongi harta US$ 13,6 miliar atau setara Rp 217,6 triliun (kurs Rp 16.000/US$). Jumlah kekayaan tersebut menjadikannya berada di posisi ke-80 orang terkaya dunia.

Sedangkan saudara laki-lakinya, Michael Hartono mengantongi harta US$ 13 miliar atau setara Rp 208 triliun. Jumlah itu menjadikannya berada di posisi ke-86 orang terkaya dunia.

Keluarga keturunan Tionghoa yang lahir di Jawa ini merupakan pemilik PT Djarum atau Djarum Group, sebuah konglomerasi yang menggarap banyak lini usaha di berbagai bidang. Setelah krisis keuangan Asia pada tahun 1998, Hartono bersaudara melirik peluang bisnis lain dengan membeli sebagian saham Bank Central Asia (BCA) bersama dengan Grup Lippo saat itu.

Hartono bersaudara juga merambah sektor lainnya seperti peralatan elektronik, properti, perkebunan, hingga teknologi informasi dan game online.

Mereka menciptakan merek produk elektronik bernama Polytron, yang sempat dikira sebagai merk asing, bukan lokal. Kemudian, Michael dan Budi juga membangun kantor e-Commerce agar mereka dapat mengikuti tren bisnis online yang terus meningkat.

Selama beberapa tahun terakhir, Djarum Group telah bergerak ke sektor ritel online yang tumbuh cepat, mengakuisisi Kaskus, Infokost, Blibli, hingga Bolabob, Mindtalk, DailySocial, Kincir, dan Opini. Grup ini juga memiliki saham pengendali di agensi pemasaran digital Merah Cipta Media. Hartono bersaudara juga memiliki investasi di startup game Razer di Singapura.

Simak Video "Isyana, NIKI hingga TWICE Masuk 30 Under 30 Asia Forbes"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMicWh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhLWVrb25vbWktYmlzbmlzL2QtNDk2OTU2NS9zdW1iZXItaGFydGEtNS1vcmFuZy1yaS15YW5nLW1hc3VrLWRhZnRhci10ZXJrYXlhLWR1bmlh0gEA?oc=5

2020-04-08 06:50:49Z
52782122674260

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sumber Harta 5 Orang RI yang Masuk Daftar Terkaya Dunia - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.