TikTok Shop resmi beroperasi dengan menggandeng Tokopedia. Kolaborasi ini nantinya akan mengombinasikan bisnis TikTok Shop dengan Tokopedia di bawah naungan PT Tokopedia.
Kolaborasi ini ditandai dengan TikTok menyuntikkan dana sebesar US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,2 triliun (kurs Rp 15.486) ke PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo). Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok secara resmi akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
"Hari ini, kami dengan bangga mengumumkan kemitraan strategis kami dengan TikTok, platform hiburan global terkemuka, untuk bersama-sama mendukung pertumbuhan UMKM lokal," tulis pihak Tokopedia melalui unggahan di laman Pusat Edukasi Seller, Senin (11/12/2023).
Tokopedia menegaskan seluruh aktivitas dan transaksi jual beli akan tetap berjalan seperti biasa untuk mitra pedagang Tokopedia. Dengan kolaborasi ini, para pedagang dapat meningkatkan peluang dengan memperluas jangkauan konsumen.
Sebab, kedua platform ini memiliki basis pelanggan yang saling melengkapi. Dengan begitu, jangkauan potensi pembeli menjadi lebih luas sehingga berpotensi meningkatkan penjualan dan visibilitas pasar seluruh mitra penjual Tokopedia.
"Kami ingin menegaskan bahwa Anda dapat terus memanfaatkan ekosistem Tokopedia, menggunakan seluruh fitur platform, dan memasarkan produk Anda kepada pembeli dari seluruh Indonesia," jelasnya.
Kolaborasi ini akan dimulai pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas), 12 Desember 2023 dengan inisiatif bernama Beli Lokal. Program tersebut dirancang untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan menumbuhkan ekonomi digital Indonesia.
Kampanye ini akan tersedia di TikTok dan Tokopedia serta berfokus untuk mempromosikan berbagai produk-produk UMKM lokal asli Indonesia.
Akses Pedagang di TikTok Sudah Dibuka
Sementara itu, dalam suratnya kepada pedagang, TikTok menyampaikan mulai Senin, 11 Desember 2023 pukul 09.00 WIB, pedagang bisa mengakses dan mengelola produk di Seller Center.
"Dear Seller, hari ini dengan senang hati kamu umumkan kemitraan strategis antara TikTok dan GoTo dalam rangka mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Indonesia secara keseluruhan. Mulai Senin, 11 Desember 2023 pukul 09.00 WIB, seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center," bunyi pemberitahuan tersebut, Senin (11/12/2023).
Pihak TikTok Shop menjelaskan para pedagang dapat mempersiapkan diri untuk membuka kembali dengan mematikan mode liburan pada tokonya. Sebab, selama periode non-aktif, pihak TikTok mengaktifkan mode libur secara otomatis.
Selain itu, jangan lupa untuk meninjau dan memperbarui inventaris dan penawaran produk di pusat penjual. Kemudian para pedagang diminta untuk menghubungkan produk ke Video Pendek dan sesi Live.
"Semua akun penjual akan otomatis berubah menjadi mode hari libur, yang memungkinkan penggunaan akun penjual Anda secara terbatas. Untuk melanjutkan berjualan di platform aplikasi, cukup menonaktifkan mode liburan Anda," jelas pengumuman tersebut.
(kil/kil)https://news.google.com/rss/articles/CBMicWh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhLWVrb25vbWktYmlzbmlzL2QtNzA4NDQ1Ni9iZWdpbmktbmFzaWItcGVkYWdhbmctdG9rb3BlZGlhLXVzYWktdGlrdG9rLXNob3AtZ2FidW5n0gF1aHR0cHM6Ly9maW5hbmNlLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEtZWtvbm9taS1iaXNuaXMvZC03MDg0NDU2L2JlZ2luaS1uYXNpYi1wZWRhZ2FuZy10b2tvcGVkaWEtdXNhaS10aWt0b2stc2hvcC1nYWJ1bmcvYW1w?oc=5
2023-12-11 23:00:08Z
CBMicWh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhLWVrb25vbWktYmlzbmlzL2QtNzA4NDQ1Ni9iZWdpbmktbmFzaWItcGVkYWdhbmctdG9rb3BlZGlhLXVzYWktdGlrdG9rLXNob3AtZ2FidW5n0gF1aHR0cHM6Ly9maW5hbmNlLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEtZWtvbm9taS1iaXNuaXMvZC03MDg0NDU2L2JlZ2luaS1uYXNpYi1wZWRhZ2FuZy10b2tvcGVkaWEtdXNhaS10aWt0b2stc2hvcC1nYWJ1bmcvYW1w
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Begini Nasib Pedagang Tokopedia Usai TikTok Shop Gabung - detikFinance"
Post a Comment