Search

Daihatsu Jepang Tunda Produksi, Buntut Skandal Uji Tabrak - detikOto

Jakarta -

Daihatsu Motor di Jepang masih menangguhkan sementara proses produksinya buntut skandal pengujian keselamatan. Daihatsu merencanakan penundaan produksi kendaraan di Jepang hingga akhir Januari.

Atas kasus ini, Daihatsu telah diperiksa oleh Kementerian Transportasi Jepang. Dikutip Asia Nikkei, Daihatsu mengatakan tidak mengetahui kapan pihaknya dapat melanjutkan pengiriman atau produksi di Jepang. Perusahaan berencana menghentikan produksi di seluruh pabriknya di Jepang pada hari Selasa ini.

Penangguhan produksi ini menjadi pukulan besar bagi ribuan pemasok Daihatsu. Menurut firma riset kredit Teikoku Databank Ltd., terdapat lebih dari 8.000 perusahaan di Jepang yang secara langsung atau tidak langsung memasok produk atau layanan kepada Daihatsu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Daihatsu telah memulai negosiasi kompensasi dengan pemasoknya. Daihatsu yang memproduksi sekitar 4.000 mobil per hari telah menghentikan pesanan suku cadang.

Produsen mobil tersebut juga sedang berdiskusi dengan serikat buruh mengenai gaji karyawan selama penghentian produksi.

Hasil investigasi komite independen Daihatsu menemukan adanya 174 kasus baru pada 25 item penyimpangan prosedur pengujian mobil.

Sementara itu, di Indonesia Daihatsu memastikan kendaraannya aman. PT Astra Daihatsu Motor memastikan bahwa pasar mobil di Indonesia produk di Indonesia tak mengalami kendala dan kualitas serta keselamatan tak perlu diragukan lagi.

"Kendaraan Daihatsu juga sudah memenuhi regulasi yang berlaku. Dan, kami pun tetap berkoordinasi dengan otoritas pemerintah Indonesia. Pelanggan Daihatsu tetap dapat menggunakan kendaraannya dengan aman dan nyaman," ungkap Daihatsu dalam keterangan resmi yang diterima detikOto.

Dijelaskan juga bahwa produksi mobil untuk pasar domestik tetap berjalan normal guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Sementara itu pasar ekspor untuk sementara waktu dihentikan.

"Sesuai arahan prinsipal, produksi ADM untuk pasar ekspor akan ditangguhkan sementara, menunggu konfirmasi dari otoritas di negara tujuan ekspor. Akan diupayakan sesegera mungkin untuk mendapatkan konfirmasi, sehingga ADM dapat memenuhi permintaan ekspor sesuai rencana," jelas Daihatsu lagi.

Simak Video "Daihatsu Pamer Calon Penerus Gran Max Masa Depan Bernama Vizion-F"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiXmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTcxMDk0MDQvZGFpaGF0c3UtamVwYW5nLXR1bmRhLXByb2R1a3NpLWJ1bnR1dC1za2FuZGFsLXVqaS10YWJyYWvSAWJodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vbW9iaWwvZC03MTA5NDA0L2RhaWhhdHN1LWplcGFuZy10dW5kYS1wcm9kdWtzaS1idW50dXQtc2thbmRhbC11amktdGFicmFrL2FtcA?oc=5

2023-12-26 08:11:01Z
CBMiXmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTcxMDk0MDQvZGFpaGF0c3UtamVwYW5nLXR1bmRhLXByb2R1a3NpLWJ1bnR1dC1za2FuZGFsLXVqaS10YWJyYWvSAWJodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vbW9iaWwvZC03MTA5NDA0L2RhaWhhdHN1LWplcGFuZy10dW5kYS1wcm9kdWtzaS1idW50dXQtc2thbmRhbC11amktdGFicmFrL2FtcA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daihatsu Jepang Tunda Produksi, Buntut Skandal Uji Tabrak - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.