Search

Antisipasi Arus Balik, Menhub Usul Gerbang Tol Cipali Ditiadakan Sementara

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengaku tengah menyiapkan skema untuk arus balik Lebaran 2019. Menurutnya, arus balik perlu diantisipasi mengingat waktunya terhitung sangat pendek.

"Sore ini kami bersama (Jasa Marga) mempersiapkan arus balik. Karena waktunya yang ada 3 hari, Jumat, Sabtu dan Minggu. Sangat berbahaya kalau tidak kami antisipasi," katanya melalui sambungan video conference yang digelar di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran, Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani mengatakan untuk skema arus balik sendiri kemungkinan bakal sama seperti yang diberlakukan pada saat arus mudik, yakni melalui penerapan sistem one way.

"Kami usulkan arus balik one way full sampai malam. One way kami usulkan sampai KM 29 Cikarang Utama," tambahnya.

Seperti diketahui, dalam arus mudik Lebaran 2019 Jasa Marga telah memberlakukan rekayasa lalu lintas one way. Pemberlakukan ini dilakukan dari kilometer (Km) 69 Gerbang Tol Cikampek Utama sampai dengan Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mendengar laporan tersebut memerintahkan Jasa Marga agar bertindak cepat. Dia meminta, waktu arus balik yang pendek tersebut dimanfaatkan secara maksimal.

Budi Karya juga mengusulkan agar gerbang Tol Cipali ditiadakan sementara. Ini dilakukan untuk menghindari antrean panjang kendaraan pada saat memasuki gerbang tol tersebut.

"Saya usulkan agar gerbang Cipali ditiadakan sehingga konsolidasi pembayaran bisa dilakukan secara seksama. Sehingga tidak ada kemacetan di tengah itu saya minta 3 hari saja, tanggal 7, 8, dan 9 sisanya (arus balik) tetap dioperasikan normal," tutupnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3982872/antisipasi-arus-balik-menhub-usul-gerbang-tol-cipali-ditiadakan-sementara

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Antisipasi Arus Balik, Menhub Usul Gerbang Tol Cipali Ditiadakan Sementara"

Post a Comment

Powered by Blogger.