Search

Banyak Demo, Dana Asing Keluar Indonesia Capai Rp 472 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Situasi politik yang kian memanas di dalam negeri semakin membuat resah sejumlah investor. Setidaknya, dana asing telah tercatat hengkang dari pasar saham RI.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) Laksono Widodo mengatakan, dampak unjuk rasa yang tengah terjadi cukup signifikan ke pasar saham.

Kata dia, pihaknya selaku otoritas bursa tak bisa menjamin tingkat kepercayaan investor (confident) terhadap pasar saham RI. Sebab, dinamika politik terus berjalan.

"Nggak ada langkah khusus untuk menjamin investor tetap pede ke pasar saham karena dinamika politik juga masih dalam perkiraan," tuturnya saat saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (1/10/2019).

Asal tahu saja, hingga penutupan perdagangan sesi II pukul 15.10 WIB investor asing tercatat membukukan net sell (jual bersih) senilai Rp472 miliar di seluruh pasar.

Kerusuhan Papua

20161214-Saham kawasan industri
Keyakinan akan membaiknya kondisi pasar saham untuk sektor properti mengacu pada pergerakan saham yang terjadi juga pada saham–saham di sektor kawasan industri.

Sementara itu, Ekonom Insitute For Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menilai, larinya dana asing dari domestik dikarenakan sejumlah sentimen.

Menurutnya, hal tersebut tak hanya disebabkan oleh aksi demonstrasi mahasiswa. Isu politik Papua bahkan ikut membawa dana asing hengkang dari RI.

"Permasalahannya investor melihat kondisi demo bisa terus berlanjut eskalasinya mirip dengan Hongkong kalau tuntutan dari pendemo tidak dipenuhi. Awalnya kan Hongkong soal penolakan RUU ekstradisi tapi meluas ke soal lain," ujarnya.

"Ini juga sama, ketidakpuasan terhadap pengesahan UU KPK juga melebar ke isu isu lain seperti penyelesaian masalah di Papua dan lain-lain," lanjut dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/4076270/banyak-demo-dana-asing-keluar-indonesia-capai-rp-472-miliar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banyak Demo, Dana Asing Keluar Indonesia Capai Rp 472 Miliar"

Post a Comment

Powered by Blogger.