Search

5 Cara Mempersiapkan Bisnis Masuk ke Pasar Global

Liputan6.com, Jakarta Sebagai wirausahawan, melihat pertumbuhan bisnis bisa membuat Anda bahagia. Namun, Anda harus tetap bekerja keras setiap hari untuk tetap meraih pelanggan dan menghadapi pesaing.

Setelah membangun basis pelanggan, Anda harus mulai berpikir untuk masuk ke pasar lebih besar, yakni pasar internasional.

Karena pertumbuhan penduduk di seluruh dunia, pasar luarn negeri terus tumbuh setiap hari. Ini adalah waktu untuk menjadikan perusahaan Anda mulai bersaing dengan pebisnis multinasional ternama di dunia.

Agar bisnis dapat menembus negara lain dengan lancar, Anda tetap harus memiliki rencana yang matang.

Selain itu, perlu memahami sejumlah besar tantangan yang mungkin dihadapi ketika membawa bisnis ke pasar global.

Dikutip dari Laruno.id, simak tips yang bisa membantu mengembangkan bisnis di pasar global

1. Melakukan penelitian

Sebelum masuk ke pasar global, Anda harus melakukan penelitian dan memahami kemungkinan dampak dari langkah bisnis yang diambil.

Melakukan uji tuntas juga akan bisa menjadi jalan mengetahui tentang beberapa perilaku budaya dari negara-negara yang menjadi target pasar.  Selain itu, Anda bisa mempelajari kelayakan berbisnis ke negara-negara tertentu.

Anda perlu memahami batasan lokal yang kemungkinan dihadapi di negara-negara baru. Sebaiknya langkah terbaik adalah mengunjungi negara yang Anda targetkan, berinteraksi dengan penduduk setempat, berkonsultasi dengan pihak berwenang tentang bisnis dan pelajari penyesuaian yang harus Anda buat pada produk. 

Anda juga dapat menggunakan internet untuk mempelajari pola dan kondisi bisnis lokal di negara-negara di seluruh dunia.

2 dari 3 halaman

2. Membentuk tim

Untuk menghindari beberapa hal penting di pasar baru, Anda perlu menyewa tim lokal yang lebih memahami negara mereka masing-masing.

Ini akan menghemat waktu dan menanamkan sikap positif kepada penduduk setempat terhadap bisnis Anda.

Jika ingin organisasi bergerak maju, Anda harus menyewa eksekutif senior yang sudah teruji. Mereka akan meletakkan fondasi yang baik untuk bisnis di berbagai negara.

Setelah meletakkan landasan yang baik untuk perusahaan di pasar baru, Anda perlu memulai proses merekrut tim manajemen senior yang tepat.

Anda juga dapat bekerja dengan konsultan lokal untuk memandu dalam membuat keputusan.

3. Bangun hubungan dekat dengan pebisnis lokal 

Pada tahap awal, Anda harus bekerja sama dengan perusahaan lokal terkemuka. Menciptakan hubungan baik dengan agensi-agensi ini akan meminimalkan risiko finansial dari merambah ke dunia bisnis baru.

Untuk memperkuat atau memperkuat hubungan ini, Anda perlu membangun tim internal yang berkualifikasi.

Namun, Anda cenderung menghadapi penolakan dari beberapa perusahaan yang mungkin melihat Anda sebagai pesaing. Ini tantangan yang harus dihadapi dan cari cara mengatasi tantangan ini.

Perluasan bisnis ke pasar global, bukan untuk yang lemah hati. Tapi bagi yang siap bertarung untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang .

3 dari 3 halaman

4. Pelajari sistem pajak dan hukum

Untuk meminimalkan atau menghindari risiko komersial yang tidak perlu, Anda harus memahami persyaratan hukum di setiap negara.

Agar bisnis Anda mendapatkan dokumen hukum yang benar, amati dan penuhi semua persyaratan ketat yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah.

Selain itu, karyawan Anda harus mematuhi hukum untuk menghindari masalah dengan pihak berwenang. Jangan lupa harus membayar pajak seperti yang diterapkan masing-masing negara.

5. Persiapkan Pemasaran dan Layanan

Setelah mendapatkan dokumen hukum yang tepat, Anda harus mulai memasarkan barang dan jasa secara global. Dengan bantuan internet, Anda dapat mengiklankan produk dan layanan melalui online.

Anda harus mengenalkan produk melalui situs web yang disesuaikan dengan pelanggan dapat mudah memesan barang dan jasa hingga melakukan pembayaran.

Serta persiapkan pengiriman ke negara-negara tersebut dalam waktu yang ditentukan.

Namun, agar bisnis atau produk dapat berkembang dan diterima di pasar global, Anda harus menjual produk dan layanan berkualitas tinggi.

Selain itu, tim layanan pelanggan perusahaan harus memperlakukan setiap klien dengan hormat terlepas dari latar belakangnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4098053/5-cara-mempersiapkan-bisnis-masuk-ke-pasar-global

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Cara Mempersiapkan Bisnis Masuk ke Pasar Global"

Post a Comment

Powered by Blogger.