Search

Kabel Laut Telkom Panjang Banget, Bisa 5 Kali Keliling Bumi - detikInet

Nusa Dua -

PT Telkom Indonesia (Telkom) punya misi mulia untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat kabel laut internasional. Melalui PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), anak perusahaannya, mereka memilik kabel laut dengan panjang lebih dari ratusan ribu kilometer.

"Saat ini kita sudah punya kapasitas di 26 kabel laut internasional. Itu kalau total panjangnya lebih dari 250 ribu kilometer. Jadi bukan hanya sekali mengelilingi Bumi, itu lima kali mengelilingi Bumi," ungkap Budi Satria D Purba, CEO Telin, di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Selasa, (5/9/2023).

Namun meski sudah punya kabel laut sepanjang itu, Budi mengaku pihaknya masih terus mengembangkan dan memperkuat infrastrukturnya. Itu dilakukan supaya tujuan menjadikan Indonesia sebagai hub kabel internasional terwujud.

Oleh karena itu, dirinya membeberkan saat ini ada pembangunan kabel laut yang sedang berjalan. Rencananya mereka akan melakukan hal tersebut sampai tahun 2026.

Informasi tersebut sejalan dengan apa yang dikatakan Bogi Witjaksono, Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia. Setelah bergaul di forum-forum internasional dan BATIC salah satunya, Telin sudah berkembang.

"Jadi asalnya hanya kabel laut dari Batam ke Singapura, pertahun ini Telin sudah bekerja sama dengan para pemain global, boleh dikatakan kalau saya agak sombong dikit sudah mengelilingi dunia. Jadi ke Amerika sudah ada, sekarang jalur menuju Eropa sedang dibangun," tegasnya.

Menurutnya perusahaan harus berkembang dari segi bisnis. Kata Bogi, Telin menjadi agen pembangunan mereka untuk berinteraksi dengan komunitas internasional tersebut.

Telin sendiri seperti yang disampaikan Budi, merupakan global office. Ia mengungkapkan sudah ada di 14 negara, dan yang baru masuk itu di Vietnam.

"Kalau kita bicara itu global office dan representative office. Tapi kalau kita bicara titik layanan kita, layanan kita sudah menjangkau 58 lokasi di 26 negara. Nah ini semua didukung oleh infrastruktur global yang kita miliki," pungkas Budi.

Simak Video "Ulang Tahun ke-58, Telkom Gelar Digiland 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMibWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vdGVsZWNvbW11bmljYXRpb24vZC02OTE4MjM4L2thYmVsLWxhdXQtdGVsa29tLXBhbmphbmctYmFuZ2V0LWJpc2EtNS1rYWxpLWtlbGlsaW5nLWJ1bWnSAXFodHRwczovL2luZXQuZGV0aWsuY29tL3RlbGVjb21tdW5pY2F0aW9uL2QtNjkxODIzOC9rYWJlbC1sYXV0LXRlbGtvbS1wYW5qYW5nLWJhbmdldC1iaXNhLTUta2FsaS1rZWxpbGluZy1idW1pL2FtcA?oc=5

2023-09-07 05:45:48Z
2396629938

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kabel Laut Telkom Panjang Banget, Bisa 5 Kali Keliling Bumi - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.