Search

Rudy Salim: Saya Ini Sultan Pe'a - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam diskusi panel di CNBC Indonesia Investment Expo 2023, Entrepreneur Rudy Salim membahas berbagai hal seputar tips bisnis dan investasi, sekaligus menceritakan seputar jatuh bangunnya dalam membangun usaha. Dia pun berkelakar dengan menyebut dirinya Sultan Pe'a.

"Kalau saya ini Sultan Pe'a, agak-agak somplak gitu," ujar Rudy, dalam CNBC Indonesia Investment Expo 2023.

Rudy pun menceritakan bahwa terkena tipu saat menjalankan usaha merupakan hal yang wajar. Menurut Rudy, tidak akan ada yang pasti dalam dunia bisnis.

"Kita mau bikin visibility studies sebaik apapun dalam cash flow, assumption sebaik apapun, investment capitalnya kita udah itung, begitu pula dengan proyeksi cash flow, itu tidak bisa merefleksikan dunia nyata. Belum tentu itu bisa berjalan seperti itu, memang harus ada mitigasi risiko, jadi itu yang paling penting," tandasnya.

Rudy menegaskan kembali bahwa kalau ada yang bilang bahwa bisnis yang dijalankannya pasti untung, itu adalah bisnis jambret.

Sebagai pengusaha kita selalu ada di tangga yang licin

"Sebagai pengusaha, kita selalu berjalan di tangga yang licin. Kita baru naik ke tangga pertama kepleset lagi, lalu naik ke tangga kedua kepleset lagi, itu memang hal yang dihadapi sehari-hari. Kena tipu itu adalah hal yang biasanya, namanya pengusaha ya kena tipu, kalau pengusahanya jago ya bisa nipu orang," lanjur Rudy.

Rudy menegaskan, selain tertipu bisa saja seorang pengusaha menjadi korban manipulasi data dari calon partnernya sendiri.

Menurut Rudy, hal terpenting dari bisnis adalah paradigma (pola pandang). Intinya, seorang pengusaha tidak boleh menggunakan kaca mata kuda terhadap suatu hal.

"Begitu kita melihat dengan kacamata kuda, segala bukti yang kita temukan hanya untuk mendorong apa yang mau kita lihat. Jadi memang harus dilebarkan lagi paradigmanya secara makro," tegas Rudy.

Dengan membuka pikiran, maka seorang pengusaha bisa melihat seperti apa prospek bisnis yang dimilikinya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Portofolio Merah! Perlu Cut Loss Atau Tidak?


(aak/aak)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiXWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL215bW9uZXkvMjAyMzA5MTYyMTE3MDYtNzItNDczMDY0L3J1ZHktc2FsaW0tc2F5YS1pbmktc3VsdGFuLXBlYdIBYWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL215bW9uZXkvMjAyMzA5MTYyMTE3MDYtNzItNDczMDY0L3J1ZHktc2FsaW0tc2F5YS1pbmktc3VsdGFuLXBlYS9hbXA?oc=5

2023-09-17 02:00:00Z
2411909415

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rudy Salim: Saya Ini Sultan Pe'a - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.