Search

Mulai 29 Oktober, Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati - detikNews

Jakarta -

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, segera beroperasi. Kementerian perhubungan menjadwalkan bandara terbesar kedua di Indonesia ini mulai beroperasi penuh pada akhir Oktober.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Putu Eka Cahyadi mengatakan penerbangan penumpang pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) akan dipindah seluruhnya ke Kertajati.

"Dalam amanah beliau di sana juga disampaikan juga secara jelas bahwa bulan Oktober Bandara Kertajati akan beroperasi penuh. Tanggal efektif pengalihan penerbangan dalam negeri dari BDO ke Kertajati dimulai 29 Oktober, " ujar Putu di kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nah kami sudah mempersiapkan ini, jadi nanti penerbangan berjadwal dari dan ke Bandung akan menggunakan pesawat jet berakhir di tanggal 28 Oktober (2023)," lanjutnya.

Bandara Husein Sastranegara hanya akan melayani penerbangan pesawat non-jet, baik berjadwal maupun tidak berjadwal. Putu menuturkan sejauh ini sudah ada tiga maskapai yang telah beroperasi di Bandara Kertajati, yakni Super Air Jet, Citilink, dan Air Asia.

Bandara tersebut, kata putu, menghimpun 7 rute penerbangan, yakni Balikpapan, Barjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

"Sebetulnya banyak sekali Bandung itu pergi ke Denpasar. Jadi kalau kami lihat data sekarang pembukuan yang sedang berjalan (rute) Bandung-Denpasar menjadi top juga, karena sehari-hari banyak orang bergerak di Bandung Denpasar," ungkapnya.

"Untuk (rute) Kertajati-Denpasar yang sudah kita deployed sejak 1 September itu juga menunjukkan tambahan terus di dua rute. Seingat kami selain Denpasar ada Medan itu sangat baik, Batam sangat bagus, Palembang, Banjarmasin, dan Makassar, jadi memang ada 7 rute yang sangat baik destinasinya," lanjut dia.

Lebih lanjut, Putu menyatakan fasilitas di Bandara Kertajati pun sudah sangat memadai. Menurutnya, semua telah dipersiapkan dengan baik.

"Bandara ini bukan in the middle of know where, jadi nggak perlu khawatir terkait fasilitas yang dibutuhkan. Berkaitan dengan fasilitas kenyamanan tambahan traffic ini kita lakukan persiapan tenant. Jadi ini memang sudah kita prepare dan mudah-mudahan ini berjalan dengan lancar tidak ada hambatan. Sehingga seluruh aspek safety, security, dan service terlengkapi dengan baik," kata Putu.

Simak juga Video Jokowi Pastikan Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Oktober 2023':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMidGh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhL2QtNjkzMzYxNS9tdWxhaS0yOS1va3RvYmVyLXBlbmVyYmFuZ2FuLWJhbmRhcmEtaHVzZWluLXNhc3RyYW5lZ2FyYS1waW5kYWgta2Uta2VydGFqYXRp0gF4aHR0cHM6Ly9uZXdzLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC02OTMzNjE1L211bGFpLTI5LW9rdG9iZXItcGVuZXJiYW5nYW4tYmFuZGFyYS1odXNlaW4tc2FzdHJhbmVnYXJhLXBpbmRhaC1rZS1rZXJ0YWphdGkvYW1w?oc=5

2023-09-15 13:10:46Z
2431127205

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mulai 29 Oktober, Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.