Search

Pemerintah-BI Bentuk Satgas 'Cerai' dengan Dolar AS - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah bersama dengan Bank Indonesia membentuk satuan tugas (Satgas) Nasional untuk meningkatkan penggunaan mata uang lokal dalam transaksi dengan mitra atau yang biasa disebut (Local Currency Transaction /LCT).

Dengan begitu, penggunaan dolar Amerika Serikat (AS) akan berkurang.

Satgas tersebut melibatkan Bank Indonesia (BI), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Pembentukan satgas itu diwujudkan dalam Nota Kesepahaman (NK) antar lembaga tentang Kerja Sama dan Koordinasi dalam rangka Peningkatan Penggunaan Mata Uang Lokal dalam Transaksi Indonesia dengan Negara Mitra yang disaksikan oleh Presiden Jokowi di sela-sela KTT ASEAN 2023 di Jakarta, Selasa (5/9).

"Bank Indonesia meyakini bahwa Satgas Nasional LCT akan menjadi wadah koordinasi yang semakin memperkuat sinergi kebijakan antar Kementerian/Lembaga (K/L) dalam upaya meningkatkan penggunaan mata uang lokal pada transaksi bilateral Indonesia dengan negara mitra utama", kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam keterangan resmi.

Perry menambahkan nantinya seluruh K/L akan berkolaborasi untuk merumuskan pemberian kemudahan, insentif, dan percepatan pelayanan ekspor-impor bagi pelaku usaha yang menggunakan mata uang lokal dalam transaksinya dengan negara mitra.

[Gambas:Video CNN]

Anggota Satgas Nasional LCT akan bersinergi untuk merumuskan rekomendasi kebijakan yang dapat mendorong pengusaha menggunakan mata uang lokal dalam transaksi perdagangan dan investasi langsung.

Satgas Nasional LCT katanya, merupakan implementasi ASEAN high level principle LCT framework yang menjadi salah satu capaian prioritas keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, khususnya dalam mendorong penggunaan mata uang lokal dan mengurangi kerentanan terhadap volatilitas eksternal.

Sementara itu, saat ini Indonesia telah menjalin kerja sama LCT dengan sejumlah negara di kawasan, yaitu Malaysia, Thailand, Jepang, dan China. Sementara dengan Singapura dan Korea Selatan telah diperoleh kesepakatan bersama untuk membangun kerangka implementasi kerjasama LCT .

[Gambas:Video CNN]

(fby/agt)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMib2h0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vZWtvbm9taS8yMDIzMDgyNTEzMjg1My03OC05OTA0MzUvcGVtZXJpbnRhaC1iaS1iZW50dWstc2F0Z2FzLWNlcmFpLWRlbmdhbi1kb2xhci1hc9IBAA?oc=5

2023-09-05 09:55:09Z
2403932440

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah-BI Bentuk Satgas 'Cerai' dengan Dolar AS - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.