Search

Rest Area di Kawasan Wisata Wajib Sediakan Tempat Istirahat bagi Sopir

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) memberi sinyal akan menambah jumlah rest area yang bersifat sementara atau temporer pada musim mudik Lebaran 2019 mendatang.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyebutkan, pihaknya bakal memperbanyak keberadaan tempat peristirahatan atau rest area di sepanjang jalur tol mudik pada 2019.

Basuki menyampaikan hal itu usai menerima usulan dari Komisi V DPR RI pada saat Rapat Kerja di Gedung DPR RI, Selasa 24 Juli 2018.

"Iya, kami sudah pikirkan itu (penambahan rest area). Tapi mungkin temporer, karena enggak mungkin saya sediain rest area yang permanen tapi hanya dipakai untuk saat-saat tertentu seperti mudik Natal atau Tahun Baru," ujar dia di Jakarta.

Dia menambahkan, turut mempertimbangkan nilai ekonomi ke depannya dalam pembangunan rest area. Sebab, lanjutnya, fungsi rest area tersebut bisa saja terbelengkalai jika kepadatan lalu lintas di sana tidak seramai masa libur. 

Basuki juga menyampaikan, terus menambah keberadaan jalan tol yang menuju pesisir selatan Jawa, semisal Tol Semarang-Demak dan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang pihak kontraktornya akan dilelang pekan depan.

"Kami akan lelang Semarang-Demak minggu depan, termasuk yang Cileunyi-Garut-Tasikmalaya," dia menyebutkan.

Adapun pemrakarsa proyek ruas Tol Cigatas tersebut ialah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan satu pihak swasta. Basuki pun meminta Jasa Marga untuk berbagi laporan keuangan perseroan sebelum memulai proses lelang pengerjaan tol yang rencananya akan diperpanjang sampai Cilacap.

"Ini (Cigatas) panjangnya 180 km kalau sampai Cilacap. Nilai proyeknya itu sekitar Rp 2 triliun. Berarti nilainya kalau 1 km itu Rp 100 miliar," ujar Basuki.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Presiden meminta pengelola jalan tol menyediakan rest area diisi dengan UMKM. Jokowi meminta rest Area dibiarkan kosong

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3665870/rest-area-di-kawasan-wisata-wajib-sediakan-tempat-istirahat-bagi-sopir

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rest Area di Kawasan Wisata Wajib Sediakan Tempat Istirahat bagi Sopir"

Post a Comment

Powered by Blogger.