Search

Kemenkeu Gandeng 5 BUMN untuk Genjot Konstribusi UMKM

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut UMKM menjadi elemen penting bagi ekonomi Indonesia. Sebab kontribusinya cukup besar dari total usaha UMKM mampu mengambil peran sekitar 98 persen dengan kontribusi mencapai 60 persen pada PDB Indonesia.

"Jumlahnya sangat besar, oleh karena itu kalau kita semau sinergi untuk perkuat UMKM, maka kita bisa lihat dampaknya ke penciptaan kesempatan dan kualitas tenaga kerja, PDB, dan investasi," kata Sri Mulyani.

Bendahara Negara ini menyatakan, dukungan Kementerian Keuangan terhadap UMKM juga muncul dari berbagai segmen. Dari sisi APBN misalnya, sudah diberikan langsung oleh Kementerian Koperasi. "Di mana kredit ultra mikro bagi mereka yang pinjam di bawah Rp 50 juta, tidak sebesar KUR. Itu support pemerintah yang diterima oleh UMKM dan koperasi," imbuhnya.

Di sisi lain, lanjut Sri Mulyani dukungan yang diberikan juga melalui potongan pajak. Di mana tarif PPh Final pada UMKM telah diturunkan menjadi 0,5 persen.

"Kami berikan keadilan, tapi di saat yang sama tetap tegaskan formal, meski biasanya UMKM maunya informal. Oleh karena itu, keinginan untuk buat UMKM jadi formal itu penting dan perlu dibuat dengan berbagai intervensi secara keroyokan," sebutnya. 

Di tempat yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno juga menyebut UMKM memiliki peranan besar terhadap perekonomian di Indonesia. Menurut dia, dengan kontribusi yang besar itu diyakini akan mampu membuka ruang terhadap lapangan pekerjaan baru. Oleh karena itu, melalui kerja sama ini juga diharapkan akan meningkatkan kualitas UMKM untuk kemudian naik level.

"Kami harap UMKM naik kelas, dari yang mikro jadi menengah, yang menengah jadi besar, sehingga berkontribusi pada ekonomi," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pesan Sri Mulyani di Penghargaan Pajak

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3681437/kemenkeu-gandeng-5-bumn-untuk-genjot-konstribusi-umkm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenkeu Gandeng 5 BUMN untuk Genjot Konstribusi UMKM"

Post a Comment

Powered by Blogger.