Search

Alasan BYD Indonesia Pilih Impor Mobil dari China Ketimbang Thailand - detikOto

Jakarta -

Build Your Dreams (BYD) telah meluncurkan tiga mobil listrik jagoannya di Indonesia, yakni BYD Dolphin, Atto 3 dan Seal. Ketiga produk tersebut didatangkan utuh atau completely built up (CBU) dari China.

Luther T. Pandjaitan selaku Head of Marketing PT BYD Motor Indonesia memastikan, untuk beberapa waktu ke depan, pihaknya masih akan menunjuk China sebagai pusat impor kendaraan. Dia mengaku belum minat mendatangkan produk dari Thailand.

Sebagai catatan, pabrik BYD di Thailand sebentar lagi rampung dan mulai beroperasi tahun ini. Menurut pemberitaan media China dan Thailand, fasilitas tersebut mampu memproduksi 150 ribu unit kendaraan nonemisi setiap tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kantor Pusat BYD di Shenzhen, ChinaBYD Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Meski demikian, kata Luther, mustahil pihaknya mengimpor mobil listrik dari Thailand. Sebab, selain masih baru, ada beberapa aturan terkait produksi yang harus dipatuhi di negara setempat.

"Saat ini, kita masih lihat China ya, karena di Thailand kita nggak tahu pasar domestiknya bisa langsung menyerap atau nggak," ujar Luther saat ditemui awak media di Bandung, Jawa Barat, Selasa (29/1).

"Karena di sana juga ada komitmen terhadap produksi ya sama aja kayak di sini, jadi belum tentu mereka bisa supply negara tetangga seperti Indonesia," tambahnya.

Lagipula, kata Luther, tak banyak pabrikan mobil di Indonesia yang mengimpor produk dari Thailand. Selain itu, kendaraan yang dikembangkan di China juga telah melalui riset panjang yang sesuai standar global.

BYD Atto 3.BYD Atto 3. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Lebih jauh, dia menambahkan, proses impor kendaraan dari China sejauh ini cepat dan tak menemukan masalah berarti. Sejak awal hingga sekarang, sudah ada ratusan unit mobil yang pihaknya datangkan ke Indonesia.

"Kami sudah impor mobil ke Indonesia ratusan unit. Bahkan, saat uji tipe, kita sudah impor beberapa unit juga. Kenapa? Karena produk BYD secara sertifikasi dan standar sudah mengikuti global, sehingga kita tak sulit melewati pemeriksaan. Impor kita tak memakan banyak waktu," kata Luther.

Sekadar informasi, pabrik BYD Thailand dibangun di Zona Khusus Koridor Ekonomi Timur di provinsi pesisir Rayong. Fasilitas tersebut diharapkan mampu menjadi pusat produksi dan distribusi kendaraan listrik di Thailand dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Simak Video "Resmi Masuk Indonesia, BYD Perkenalkan 3 Mobil Listriknya"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzE2OTI2NC9hbGFzYW4tYnlkLWluZG9uZXNpYS1waWxpaC1pbXBvci1tb2JpbC1kYXJpLWNoaW5hLWtldGltYmFuZy10aGFpbGFuZNIBdmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzE2OTI2NC9hbGFzYW4tYnlkLWluZG9uZXNpYS1waWxpaC1pbXBvci1tb2JpbC1kYXJpLWNoaW5hLWtldGltYmFuZy10aGFpbGFuZC9hbXA?oc=5

2024-01-31 03:17:27Z
CBMicmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzE2OTI2NC9hbGFzYW4tYnlkLWluZG9uZXNpYS1waWxpaC1pbXBvci1tb2JpbC1kYXJpLWNoaW5hLWtldGltYmFuZy10aGFpbGFuZNIBdmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzE2OTI2NC9hbGFzYW4tYnlkLWluZG9uZXNpYS1waWxpaC1pbXBvci1tb2JpbC1kYXJpLWNoaW5hLWtldGltYmFuZy10aGFpbGFuZC9hbXA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan BYD Indonesia Pilih Impor Mobil dari China Ketimbang Thailand - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.