Search

Intip Rahasia Teknologi BYD Hingga Jadi Raja Mobil Listrik Dunia, Kalahkan Tesla - detikOto

Shenzhen -

Pabrikan mobil listrik asal China, BYD, kembali mengalahkan Tesla dalam angka penjualan mobil listrik seluruh dunia. BYD menjadi raja dalam produksi dan jualan kendaraan ramah lingkungan.

BYD melaporkan telah memecahkan rekor penjualan terbaru sepanjang tahun 2023. Produsen mobil listrik yang berbasis di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, ini mencatatkan penjualan kumulatif sebanyak 3.024.417 unit tahun 2023. Angka penjualan itu naik 61,9 persen dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini membuat BYD kembali mengalahkan Tesla dalam penjualan kendaraan energi baru atau NEV (new energy vehicle). Tahun 2023, Tesla mencatatkan penjualan sebanyak 1,8 juta unit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk dicatat, angka penjualan Tesla tersebut di atas hanya mencakup mobil-mobil full BEV (Battery Electric Eehicles). Perusahaan milik Elon Musk itu memang hanya memproduksi dan menjual mobil full listrik. Sedangkan angka penjualan BYD mencakup juga mobil BEV dan mobil plug-in hybrid. Disebutkan kalau BYD telah menjual 1,6 juta mobil full BEV, sementara 1,4 juta lainnya merupakan mobil plug-in hybrid.

Salah satu rahasia teknologi mobil listrik BYD hingga menjadi raja mobil listrik dunia adalah E-platform. BYD mengklaim, kepercayaan dunia terhadap BYD dibangun melalui reputasi e-platform yang cerdas, efisien, aman, dan stylish.

Platform elektronik ini dibangun dari gabungan berbagai teknologi canggih, seperti baterai lithium-ion, motor listrik, dan sistem kontrol elektronik, untuk memberikan kinerja yang optimal dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Terdapat banyak aspek positif yang dikombinasikan pada e-platform ini. Integrasi ketahanan, keselamatan, teknologi, dan kecerdasan membuat kinerja e-platform NEV BYD menjadi efisien. Pada e-platform buatannya, BYD menempatkan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya dalam satu unit, sehingga terjadi penghematan ruang body mobil. Unit ini dapat mengurangi berat, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan ruang untuk kabin yang lebih luas.

Sebagai sebuah sistem, e-platform juga dapat mengelola suhu baterai agar tetap terkontrol dalam cuaca ekstrem sekalipun, dapat memperpanjang jangkauan berkendara dan meningkatkan kenyamanan. Platform ini juga dapat meningkatkan integrasi yang mendalam antara sistem penggerak, pengereman dan kemudi yang membuat berkendara menjadi lebih responsif. E-platform terbuka untuk produsen kendaraan elektrik lainnya, sehingga memungkinkan teknologi BYD dapat dirasakan oleh lebih banyak orang.

Salah satu bagian dari e-platform NEV BYD adalah Blade Battery yang menjadi sumber energi utama. Baterai Blade menawarkan tingkat pengisian daya yang cepat, jangkauan yang lebih jauh, dan, yang tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan baterai lithium-ion konvensional.

Kini, BYD memiliki beragam portofolio kendaraan listrik. Mulai dari mobil penumpang seperti sedan mewah, MPV mewah, SUV offroad premium, sampai kendaraan komersial seperti bus listrik dan taksi listrik pun dimiliki BYD.

"Produk-produk NEV dari BYD adalah solusi mobilitas listrik yang berkelanjutan dan cerdas. Didorong oleh keunggulan teknologi mutakhir, seperti baterai Lithium-ion berdensitas energi tinggi yang menawarkan jangkauan yang lebih jauh dengan biaya yang lebih rendah, platform Blade Battery yang aman dan tahan lama, serta sistem manajemen termal AI cerdas yang memastikan optimalisasi pada kinerja dan efisiensinya," ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, saat ditemui di Shenzhen, China, belum lama ini.

Simak Video "Bukan Lagi Tesla, Ini Raja Mobil Listrik Dunia!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMifWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzEyMjk2NC9pbnRpcC1yYWhhc2lhLXRla25vbG9naS1ieWQtaGluZ2dhLWphZGktcmFqYS1tb2JpbC1saXN0cmlrLWR1bmlhLWthbGFoa2FuLXRlc2xh0gGBAWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzEyMjk2NC9pbnRpcC1yYWhhc2lhLXRla25vbG9naS1ieWQtaGluZ2dhLWphZGktcmFqYS1tb2JpbC1saXN0cmlrLWR1bmlhLWthbGFoa2FuLXRlc2xhL2FtcA?oc=5

2024-01-03 11:34:07Z
CBMifWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzEyMjk2NC9pbnRpcC1yYWhhc2lhLXRla25vbG9naS1ieWQtaGluZ2dhLWphZGktcmFqYS1tb2JpbC1saXN0cmlrLWR1bmlhLWthbGFoa2FuLXRlc2xh0gGBAWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC1saXN0cmlrL2QtNzEyMjk2NC9pbnRpcC1yYWhhc2lhLXRla25vbG9naS1ieWQtaGluZ2dhLWphZGktcmFqYS1tb2JpbC1saXN0cmlrLWR1bmlhLWthbGFoa2FuLXRlc2xhL2FtcA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Intip Rahasia Teknologi BYD Hingga Jadi Raja Mobil Listrik Dunia, Kalahkan Tesla - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.