Search

BYD Bungkam 'Mulut Besar' Elon Musk, Kini Jadi Raja Mobil Listrik Dunia - detikOto

Jakarta -

BYD sukses membungkam 'mulut besar' Elon Musk setelah penjualan mobil listriknya di dunia mengalahkan Tesla. Bahkan, perusahaan asal China tersebut tak hanya melakukannya sekali, melainkan dua kali secara beruntun.

Sebelumnya, pada suatu wawancara yang digelar Bloomberg di tahun 2011, Elon Musk menertawakan dan merendahkan mobil listrik yang dijual BYD di dunia. Ketika itu, dia menilai, kendaraan tersebut punya kualitas rendahan dengan teknologi yang biasa-biasa saja.

"Apakah kamu pernah lihat mobil (BYD)? Saya rasa mereka tidak punya produk yang bagus. Saya tidak merasa produk-produk mereka atraktif. Teknologinya juga biasa-biasa saja," ujar Elon Musk sambil terkekeh-kekeh, dikutip Rabu (3/1).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kantor Pusat BYD di Shenzhen, ChinaKantor Pusat BYD di Shenzhen, China Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Si penanya sempat menyisipkan klaim, mobil listrik BYD boleh jadi besar di masa depan karena banderolnya yang di bawah rata-rata. Namun, sekali lagi, Elon hanya tertawa dan mengatakan BYD punya banyak masalah di negaranya sendiri.

"BYD punya masalah parah di rumah mereka di China. Jadi tugas utama mereka saat ini adalah memastikan mereka tidak mati di negaranya sendiri," ungkapnya.

Diketahui, dalam pernyataan terbarunya, BYD mengklaim telah menjual tiga juta unit mobil listrik di seluruh dunia sepanjang 2023. Angka tersebut jauh meninggalkan Tesla, yang pada laporan akhir tahunnya menyebut telah menjual 1,8 juta mobil listrik di kolong langit.

Ini merupakan kali kedua secara beruntun Tesla kalah dari BYD jika bicara angka penjualan di seluruh dunia.

Kantor Pusat BYD di Shenzhen, ChinaKantor Pusat BYD di Shenzhen, China Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Meski demikian, perlu dicatat, angka penjualan Tesla hanya mencakup mobil-mobil full BEV (Battery Electric Eehicles). Perusahaan milik Elon Musk itu memang hanya memproduksi dan menjual mobil full listrik.

Sementara angka penjualan BYD mencakup juga mobil BEV dan hybrid. Disebutkan kalau BYD telah menjual 1,6 juta mobil full BEV, sementara 1,4 juta lainnya merupakan mobil hybrid.

Simak juga Video: Elon Musk Tanggapi Kesepakatan COP28: Jangan Benci Gas dan Minyak

[Gambas:Video 20detik]

(sfn/rgr)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMia2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9wcm9maWwvZC03MTIyMDg5L2J5ZC1idW5na2FtLW11bHV0LWJlc2FyLWVsb24tbXVzay1raW5pLWphZGktcmFqYS1tb2JpbC1saXN0cmlrLWR1bmlh0gFvaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL3Byb2ZpbC9kLTcxMjIwODkvYnlkLWJ1bmdrYW0tbXVsdXQtYmVzYXItZWxvbi1tdXNrLWtpbmktamFkaS1yYWphLW1vYmlsLWxpc3RyaWstZHVuaWEvYW1w?oc=5

2024-01-03 06:05:05Z
CBMia2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9wcm9maWwvZC03MTIyMDg5L2J5ZC1idW5na2FtLW11bHV0LWJlc2FyLWVsb24tbXVzay1raW5pLWphZGktcmFqYS1tb2JpbC1saXN0cmlrLWR1bmlh0gFvaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL3Byb2ZpbC9kLTcxMjIwODkvYnlkLWJ1bmdrYW0tbXVsdXQtYmVzYXItZWxvbi1tdXNrLWtpbmktamFkaS1yYWphLW1vYmlsLWxpc3RyaWstZHVuaWEvYW1w

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BYD Bungkam 'Mulut Besar' Elon Musk, Kini Jadi Raja Mobil Listrik Dunia - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.