Search

Muncul Isu Mesin Diesel Toyota, Begini Dampaknya bagi Astra (ASII) - Investor.ID

JAKARTA, investor.id – Toyota Motor Corporation mengumumkan pada Senin (29/1) bahwa perusahaan menerima laporan terkait potensi penyimpangan terhadap pengujian mesin diesel. Berdasarkan temuan ini, Toyota memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman bagi mesin yang terdampak.

Di Indonesia, salah satu model yang terdampak adalah mobil Fortuner, yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Penjualan Toyota Fortuner di Indonesia mencapai 16.322 unit pada 2023, setara 2,91% dari total penjualan mobil oleh PT Astra International Tbk (ASII). Sedangkan dari sisi ekspor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia menjual 45.733 unit Fortuner pada 2023, setara 8,01% dari total ekspor mobil di Indonesia.

Advertisement

“Kami menilai bahwa isu ini akan berdampak minim bagi penjualan mobil Astra (ASII), mengingat kontribusi penjualan model Toyota Fortuner relatif kecil terhadap total penjualan mobil ASII,” tulis Investment Analyst Stockbit, Michael Owen Kohana dalam ulasannya, Selasa (30/1/2024).

Selain itu, menurut dia, meski Fortuner berkontribusi cukup signifikan terhadap total ekspor, kepemilikan ASII di Toyota Motor Manufacturing Indonesia hanya sebesar 5%, sehingga dampaknya juga akan relatif minim.

Walaupun dari sisi keuangan dampaknya akan minim, isu tersebut dapat memberikan tambahan sentimen negatif terhadap harga saham ASII. Dalam beberapa pekan terakhir, saham ASII mengalami tekanan jual yang cukup masif, seiring munculnya isu skandal keselamatan Daihatsu Jepang dan masuknya BYD ke Indonesia yang dapat mengancam pangsa pasar Astra atau ASII di Indonesia ke depannya.

Rekomendasi dan Target Harga Saham 

Editor: Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

IDTV Link
LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiYWh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM1MjUyMS9tdW5jdWwtaXN1LW1lc2luLWRpZXNlbC10b3lvdGEtYmVnaW5pLWRhbXBha255YS1iYWdpLWFzdHJhLWFzaWnSAQA?oc=5

2024-01-30 06:30:00Z
CBMiYWh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM1MjUyMS9tdW5jdWwtaXN1LW1lc2luLWRpZXNlbC10b3lvdGEtYmVnaW5pLWRhbXBha255YS1iYWdpLWFzdHJhLWFzaWnSAQA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Muncul Isu Mesin Diesel Toyota, Begini Dampaknya bagi Astra (ASII) - Investor.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.