Search

Jokowi Ajak Tesla Luncurkan Space X dari RI, Elon Musk Mau? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menelepon CEO Tesla Elon Musk, pada Jumat, (11/12/2020). Salah satu obrolan presiden dengan Bos Tesla adalah mengajak Tesla untuk luncurkan Space X di Indonesia.

"Presiden RI Joko Widodo mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," bunyi siaran pers Biro Komunikasi Kemenko Maritim dan Investasi, dikutip, Sabtu, (12/12/2020).

Tidak hanya itu, tujuan utama dari Jokowi menelepon Bos Tesla adalah untuk membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia.


Mengenai hal ini, kedua belah pihak saling bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik. Serta komponen utama baterai mobil listrik.

CEO Tesla Elon Musk menanggapi undangan Presiden RI Joko Widodo dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerjasama tersebut.

Sebelumnya, Elon Musk pernah menyebut nama Indonesia terkait cadangan nikel untuk mendukung industri baterai yang bakal digunakan Tesla. Perusahaan mobil listrik itu belakangan jadi buah bibir soal kabar rencana pembangunan pabrik baterai di Batang, Jawa Tengah.

Pabrik yang akan dibangun Tesla di Indonesia bukan perakitan mobil, melainkan untuk kebutuhan produksi baterai mobil listrik. Pemerintah mengarahkan Tesla untuk masuk di kawasan industri Batang yang sedang dibangun pemerintah.

Rencana Tesla membangun pabrik di Indonesia juga masih dalam tahap penjajakan. Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, komunikasi antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan milik Elon Musk itu terus berlangsung.

Bahkan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menegaskan pemerintah terus merayu Tesla untuk berinvestasi di Indonesia. Perwakilan Tesla dan delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sempat bertemu pada November lalu di AS.

"Kemungkinan besar kita rayu lagi Tesla untuk bisa masuk," kata Bahlil akhir November lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMidWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyMDEyMTIxNzE4MTUtMzctMjA4NjUxL2pva293aS1hamFrLXRlc2xhLWx1bmN1cmthbi1zcGFjZS14LWRhcmktcmktZWxvbi1tdXNrLW1hddIBAA?oc=5

2020-12-12 10:30:15Z
52782520343559

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Ajak Tesla Luncurkan Space X dari RI, Elon Musk Mau? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.