Search

Efek stimulus AS, IHSG hari ini diperkirakan terkoreksi - Investasi Kontan

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan alias IHSG hari ini diperkirakan melemah. Pada Jumat (18/12), IHSG melemah 0,15% ke level 6.104,32 

Lanjar Nafi Analis Reliance Sekuritas menjelaskan, pergerakan IHSG hari ini secara teknikal mengkonfirmasi pola bearish thrusting dengan pelemahan yang menguji kembali support Moving Average 5 hari sebagai support. Indikator stochastic bergerak pada area overbought yang membentuk pola dead-cross mengiringi potensi cross over negatif indikator MACD. 

Lanjar mengatakan, IHSG secara teknikal akan bergerak melemah dan masih membayangi dengan support resistance 6.034 - 6.170.

Baca Juga: Mayoritas saham LQ45 sudah naik, analis masih lihat potensi upside

IHSG terkoreksi 9,06 poin ke level 6.104,32 dengan saham-saham sektor keuangan turun 1,08% dan industri dasar turun 0,86% dengan aksi ambil untung investor di akhir pekan. Dimana saham BBCA turun 1,9%, BMRI turun 2,5%, BBRI turun 1,2% dan CPIN turun 3,6%. Ini membebani IHSG hingga akhir sesi perdagangan. 

Investor terlihat melakukan aksi ambil untung di akhir pekan mengikuti pelemahan bursa Asia. Investor asing melakukan aksi jual bersih sangat besar di level Rp 2,67 triliun. Saham BBRI dan TLKM yang mengalami aksi jual investor asing terbesar secara value.

Mayoritas indeks saham Asia ditutup melemah. Investor terlihat bersikap hati-hati di akhir pekan dan cenderung melakukan aksi ambil untung di tengah ketidakpastian stimulus lanjutan pada program pemulihan ekonomi AS.

Sejalan dengan bursa Asia, Bursa Eropa mengakhiri pekan dengan pelemahan. Investor menantikan hasil perseteruan stimulus kebijakan pemulihan ekonomi diakhir tahun dan keputusan vaksinasi yang penuh ketidakpastian.

Baca Juga: Pasar keuangan membaik tetap alokasikan dana darurat

 Setelah tuntutan Republik meninggalkan kongres tanpa kesepakatan tentang stimulus pemulihan ekonomi tambahan di akhir tahun. Namun diakhir pekan Demokrat dan Republik akhirnya menyepakati stimulus pemulihan ekonomi AS sebesar US$ 900 miliar. 

Hal ini tentu akan menghapus ketidakpastian mengenai stimulus AS yang menjadi alasan investor bersikap hati-hati. Selanjutnya di sisa perdagangan menjelang libur Natal ekuitas global berpotensi uforia atas kesepakatan stimulus pemulihan AS yang akan menjadi pertimbangan upaya lanjutan memerangi virus oleh bank sentral di seluruh dunia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiWmh0dHBzOi8vaW52ZXN0YXNpLmtvbnRhbi5jby5pZC9uZXdzL2VmZWstc3RpbXVsdXMtYXMtaWhzZy1oYXJpLWluaS1kaXBlcmtpcmFrYW4tdGVya29yZWtzadIBVGh0dHBzOi8vYW1wLmtvbnRhbi5jby5pZC9uZXdzL2VmZWstc3RpbXVsdXMtYXMtaWhzZy1oYXJpLWluaS1kaXBlcmtpcmFrYW4tdGVya29yZWtzaQ?oc=5

2020-12-20 23:45:49Z
52782533239558

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Efek stimulus AS, IHSG hari ini diperkirakan terkoreksi - Investasi Kontan"

Post a Comment

Powered by Blogger.