Search

Beli Mobil Bekas Lelang Harganya Lebih Murah dari Pedagang? Coba Cek Dulu - detikOto

Jakarta -

Membeli mobil bekas di balai lelang memang lebih murah dari showroom? Biasanya saat open bid atau harga pembuka ditawarkan cenderung lebih rendah dari harga pasaran.

Peserta lelang akan menawar dengan kelipatan tertentu, -- JBA Indonesia punya ketentuan peserta lelang menawar mobil bekas di kelipatan Rp 500 ribu. Setelah itu pemenang lelang akan ditentukan setelah berani menawarkan harga paling tinggi.

Sales & Operational General Manager PT JBA Indonesia, Johan Wijaya mengatakan harga mobil yang sudah diketok palu saat lelang umumnya lebih murah dari harga di pasaran bursa mobil bekas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Paling tinggi (harga mobil lelang) itu lebih murah dari pedagang juga di pasaran. Yang ikut pedagang, bapak yang menang harga lelang tertinggi itu juga harga sudah di bawah bursa mobil bekas," kata Johan di Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (28/11/2023).

Detikcom sempat mengamati beberapa mobil bekas yang dilelang. Misalnya Daihatsu Sigra D M/T tahun 2020 punya nilai limit atau awal Rp 61 juta dengan informasi odometer 28.078 kilometer (km), BPKB-STNK ada, pajak mati sejak 8 Desember 2021, interior grade B, eksterior grade C, dan mesin grade B. Harga tertinggi saat proses lelang tembus Rp 67 juta.

Model lain Suzuki Ertiga SDX tahun 2017 warna abu-abu metalik transmisi otomatis. Kondisinya diterangkan odometernya mencapai 79.889 km, notice pajak sejak 14 September 2023, kondisi interior, mesin, dan eksterior grade B. Nilai awalnya Rp 89 juta, sepanjang penawaran lelang terbentuk harga akhir jadi Rp 123 juta.

Atau model yang lebih muda lagi, misalnya Honda WR-V RS tahun 2023 A/T kilometer baru 3.055 unit. Kondisi interior, eksterior, dan mesin grade B. Harga awalnya ditetapkan Rp 231 juta. Penawaran harga akhir lelang mencapai Rp 242 juta.

Perlu diketahui ketiga mobil tersebut belum termasuk dengan biaya tambahan 1,1 persen dari harga terbentuk. Plus biaya administrasi sebesar Rp 3 juta untuk mobil yang memiliki harga terbentuk di bawah Rp 500 juta.

Johan mengakui untuk saat ini mayoritas peserta yang memenangkan lelang adalah berasal dari kalangan pedagang mobil bekas.

"97 persen pedagang, tiga persennya end user. End user ada juga yang bawa. Biasanya end user yang beli unit sudah siap, mungkin grading-nya, grading B," kata dia.

Simak Video "Astrolabe Berusia Seribu Tahun Bakal Dilelang Rp 45 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMib2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC03MDYxODk4L2JlbGktbW9iaWwtYmVrYXMtbGVsYW5nLWhhcmdhbnlhLWxlYmloLW11cmFoLWRhcmktcGVkYWdhbmctY29iYS1jZWstZHVsddIBAA?oc=5

2023-11-29 00:10:19Z
2634900563

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beli Mobil Bekas Lelang Harganya Lebih Murah dari Pedagang? Coba Cek Dulu - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.