Search

Jokowi Bawa Oleh-oleh Rp232 T dari Exxonmobil: Saya Senang - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Jokowi mengantongi kesepakatan rencana investasi senilai US$15 miliar atau Rp232 triliun (asumsi kurs Rp15.523 per dolar AS) dari ExxonMobil.

Sebelum gelaran KTT APEC 2023, Jokowi melobi CEO ExxonMobil Darren Woods untuk berinvestasi di tanah air. Hasilnya, perusahaan migas multinasional itu bersedia membangun kilang dan menggarap carbon capture storage (CCS) di Indonesia.

Jika rencana investasi ini mulus, fasilitas CCS itu akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, kilang petrokimia ExxonMobil bakal menjadi salah satu yang tercanggih di dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya apresiasi rencana kerja sama untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan CCS dengan nilai mencapai US$15 miliar," kata Jokowi dalam keterangan resmi, Rabu (15/11).

"Saya senang mendengar bahwa fasilitas CCS akan jadi terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimia Exxon akan jadi salah satu yang tercanggih di dunia," tambahnya.

Terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Jokowi juga melobi ExxonMobil untuk berinvestasi di sektor energi baru terbarukan (EBT). Perusahaan itu juga diminta mengucurkan duitnya untuk menggarap infrastruktur hijau di Indonesia.

Retno mengatakan investasi hijau tersebut juga diharapkan bisa direalisasikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Terlebih, Jokowi sempat memamerkan kehijauan IKN kepada mahasiswa dan pengajar di Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat. Ia mengatakan IKN mengusung konsep smart forest city alias kota modern yang ramah lingkungan.

"Sekitar 80 persen akan menggunakan transportasi publik kendaraan listrik dan penghuninya 100 persen harus menggunakan kendaraan listrik. Sehingga nanti akan menjadi kota yang betul-betul hijau yang layak untuk dihuni bersama-sama," jelas Jokowi sebelum terbang ke San Francisco.

"Sehingga yang pertama dibangun di IKN Nusantara adalah nursery center (pusat persemaian), botanical, yang setiap tahunnya menghasilkan 15 juta-16 juta bibit. Itu nanti akan ditanam di IKN maupun Pulau Kalimantan. Sehingga kawasan itu menjadi sangat hijau dan pembangkit listriknya adalah energi hijau, baik dari solar panel maupun hydropower," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMieWh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vZWtvbm9taS8yMDIzMTExNjA2MjI0MS01MzItMTAyNDg1NS9qb2tvd2ktYmF3YS1vbGVoLW9sZWgtcnAyMzItdC1kYXJpLWV4eG9ubW9iaWwtc2F5YS1zZW5hbmfSAX1odHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL2Vrb25vbWkvMjAyMzExMTYwNjIyNDEtNTMyLTEwMjQ4NTUvam9rb3dpLWJhd2Etb2xlaC1vbGVoLXJwMjMyLXQtZGFyaS1leHhvbm1vYmlsLXNheWEtc2VuYW5nL2FtcA?oc=5

2023-11-16 00:54:25Z
2605015849

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Bawa Oleh-oleh Rp232 T dari Exxonmobil: Saya Senang - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.