Search

Lewat Teknologi Online, Masyarakat Kecil Bisa Bersaing dengan Orang Kaya

Liputan6.com, Nusa Dua - Kehadiran disruptive technology yang telah mengubah pola aktivitas ekonomi menuju pasar online dinilai dapat menciptakan kesetaraan ekonomi bagi para pelakunya.

Pernyataan itu tertuang dalam sebuah paralel event pada pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 yang digelar di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10/2018).

Director Human Development & Economic Management Bank Dunia, Augusto Tano Kouame, mengungkapkan teknologi online telah mengubah banyak hal, mulai dari kegiatan ekonomi, sosial, hingga turut mengubah dunia industri.

"Disruptive technology bukan hal yang baru. Yang paling penting, Bank Dunia mencermati, teknologi ini juga membantu pelaku industri untuk bisa lebih produktif," sebut dia.

Sementara itu, CEO Bukalapak Achmad Zaky mengatakan, teknologi online saat ini seakan menipiskan jarak antara pelaku bisnis kecil dan besar.

"Seperti 8 tahun lalu, sebuah perusahaan mungkin belum terkoneksi dengan internet. Tapi sekarang, di desa saya yang ada di Jawa Tengah, mereka sudah terkoneksi dengan internet. Bahkan daerah terpencil seperti itu sudah bisa berjualan secara online dengan apartemen mewah yang ada di Jakarta," tutur dia.

"Lewat online, masyarakat miskin sekarang punya kesempatan yang sama seperti masyarakat golongan atas. Mereka berkompetisi bersama, bersatu bersama, untuk menciptakan kesempatan yang sama," dia menambahkan.

Lebih lanjut, Kouame coba menyimpulkan, pemerintah juga harus hadir demi menindaki perubahan zaman akibat kemunculan disruptive technology ini.

"Disruptive technology bisa digunakan untuk melibatkan banyak orang dalam aktivitas ekonomi. Pemerintah harus bisa lebih agile dalam menghadapi perubahan teknologi, dan harus siap," ujar dia.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3664312/lewat-teknologi-online-masyarakat-kecil-bisa-bersaing-dengan-orang-kaya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lewat Teknologi Online, Masyarakat Kecil Bisa Bersaing dengan Orang Kaya"

Post a Comment

Powered by Blogger.