Search

Tagihan Listrik Bengkak Bikin Kaget, Ini Penyebabnya - detikFinance

Jakarta -

Sejumlah perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/WFH). Mereka yang sebelumnya bekerja dari kantor, kini harus bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah tentunya berimbas pada meningkatnya konsumsi listrik. Mereka yang WFH ataupun tidak, mengeluhkan tagihan listriknya bengkak.

Banyak yang tak yakin dengan pencatatan PLN terkait pemakaian kWh mereka yang melonjak tajam hingga ada yang tiga kali lipat dari biasanya.

Lalu, apa sih penyebab lonjakan pemakaian listrik?

Pengamat energi Fabby Tumiwa menyebut setidaknya ada beberapa penyebab kenaikan tagihan listrik terjadi. Salah satu penyebab utamanya adalah adanya kenaikan konsumsi listrik yang tidak disadari oleh masyarakat itu sendiri.

"Dari informasi yang disampaikan PLN, memang tidak ada kenaikan tarif listrik untuk pelanggan non-subsidi. Tarif masih tetap sama. Adanya kenaikan tagihan listrik karena kemungkinan besar konsumsi listrik naik selama kerja dan belajar dari rumah," ujar Fabby kepada detikcom, Senin (4/5/2020).

Konsumsi listrik yang paling besar memakan daya salah satunya adalah penggunaan pompa air. Masyarakat cenderung tidak sadar bahwa ada pemakaian pompa air yang meningkat selama WFH.

"Masyarakat tidak sadar kalau mengkonsumsi listrik banyak dan masih menganggap pemakaian listriknya normal. Misalnya pompa air bekerjanya lebih banyak karena lebih banyak penggunaan air untuk cuci tangan, memasak, dan sebagainya. Kita tidak sadar bahwa aktivitas tersebut menyebabkan kenaikan kerja pompa air. Pompa air ini cukup besar konsumsi listriknya bisa 10-20% dari penggunaan listrik di rumah," sambungnya.

Klik halaman berikutnya >>>

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiXmh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vZW5lcmdpL2QtNTAwMTg4Ny90YWdpaGFuLWxpc3RyaWstYmVuZ2thay1iaWtpbi1rYWdldC1pbmktcGVueWViYWJueWHSAQA?oc=5

2020-05-04 09:41:19Z
52782168191017

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tagihan Listrik Bengkak Bikin Kaget, Ini Penyebabnya - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.