Search

Daihatsu Terios Masih Betah Pakai Penggerak Roda Belakang, Apa Kelebihannya? - detikOto

Jakarta -

Daihatsu Terios masih betah menggunakan penggerak roda belakang. Memang apa kelebihan mobil dengan penggerak roda belakang?

Daihatsu telah meluncurkan Terios versi facelift. Ada beragam ubahan yang disajikan Daihatsu pada Terios anyar ini, misalnya dari sisi eksterior dan juga interior. Daihatsu juga menambahkan ragam fitur untuk memanjakan pengendara dan penumpang di dalamnya, seperti layar multimedia yang bisa dikoneksikan ke smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay, wiraless charger, dan SRS airbags.

Namun ada beberapa hal yang masih dipertahankan, salah satunya adalah penggunaan penggerak roda belakang alias Rear Wheel Drive (RWD). Direktur Pemasaran PT ADM, Sri Agung Handayani mengatakan, pihaknya memang belum berencana meluncurkan Daihatsu Terios versi Front Wheel Drive (FWD). Sebab, kendaraan tersebut kerap dipakai untuk menanjak dan 'membelah' medan berat. Secara karakter, Terios dinilai masih lebih pas menggunakan sistem penggerak roda belakang.

"Itu balik lagi kesiapan konsumen kita. Karena ini mobil adventure, mobil sporty, kita akan melihat semua aspek, tidak hanya satu kepentingan saja. Jadi balik lagi ke permintaan konsumen," kata Sri Agung belum lama ini.

Sistem penggerak roda belakang, memang biasanya digunakan oleh mobil dengan kebutuhan berkendara di berbagai medan berat. Misalnya bila medan yang dikendarai kebanyakan tanjakan. Sistem RWD ini memiliki kelebihan salah satunya distribusi beban yang lebih baik. Mobil RWD memiliki ruang penyimpanan mesin di bagian depan dan girboks serta driveshaft di bagian tengah. Penempatan ini menjadikan pembagian beban lebih ideal dan merata.

Selain itu, sistem penggerak RWD membagikan beban pada roda depan dan belakang secara optimal. Roda depan fokus hanya untuk kemudi dan roda belakang untuk sistem penggerak. Pembagian masing-masing beban kerja ini membuat sistem penggerak dan komponen suspensi lebih awet.

Di tanjakan, mobil RWD cenderung tidak mengalami spin. Sebab, ketika menanjak bobot akan mengarah ke belakang dan roda belakang sebagai roda penggerak tetap mendapatkan traksi.

Ada kelebihan tentu ada kekurangannya. Kekurangan mobil dengan RWD ini adalah bobotnya lebih berat. Mobil RWD juga kerap kali mengalami loss power karena adanya gesekan di komponen powertrain.

Simak Video "Review Daihatsu New Terios: Tampang Baru, Layak Diburu?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTY3NjU2MjUvZGFpaGF0c3UtdGVyaW9zLW1hc2loLWJldGFoLXBha2FpLXBlbmdnZXJhay1yb2RhLWJlbGFrYW5nLWFwYS1rZWxlYmloYW5ueWHSAXRodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vbW9iaWwvZC02NzY1NjI1L2RhaWhhdHN1LXRlcmlvcy1tYXNpaC1iZXRhaC1wYWthaS1wZW5nZ2VyYWstcm9kYS1iZWxha2FuZy1hcGEta2VsZWJpaGFubnlhL2FtcA?oc=5

2023-06-10 12:10:45Z
2113181077

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daihatsu Terios Masih Betah Pakai Penggerak Roda Belakang, Apa Kelebihannya? - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.