Search

Waskita dan Wika Diduga "Poles" Laporan Keuangan, Pemerintah Lakukan Investigasi - Kompas.com - Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau biasa disapa Tiko mengatakan, pihaknya melakukan investigasi terkait laporan keuangan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika.

Ia mengatakan, langkah ini dilakukan menyusul adanya laporan keuangan yang dilaporkan tak sesuai dengan kondisi riil.

"Kita sedang investigasi Waskita, apakah ini memang laporan keuangan selama ini riil karena selama ini laporan keuangannya tidak riil," kata Tiko dalam rapat kerja Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Baca juga: Wamen BUMN Sebut Laporan Keuangan Waskita Karya dan WIKA Tak Sesuai Kondisi Riil

Tiko mengatakan, pihaknya juga berkerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan investigasi tersebut.

Ia mengatakan, pihaknya bisa melakukan penuntutan jika terjadi pemalsuan laporan keuangan.

"Kita mulai lakukan ini, saya sudah lapor ke BPKP, apabila ada fraud dari sisi pelaporan keuangan kita bisa lakukan tindakan tegas dengan kerangka governance yang ada," ujarnya.

Baca juga: BUMN Buka Opsi Inbreng Saham, Waskita Karya Bakal Jadi Anak Usaha HK


Lebih lanjut, Tiko mengatakan, tindakan tegas perlu dilakukan untuk memberikan efek jera agar perusahaan tak memalsukan laporan keuangan.

"Karena kita memberikan efek jera, jangan sampai manajemen ini kemudian melaporkan laporan keuangan yang overstated, tapi perusahaannya bangkrut setelahnya, ini lucu," ucap dia.

Baca juga: Dua Proyek Tol Waskita Dialihkan ke Hutama Karya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMigAFodHRwczovL21vbmV5LmtvbXBhcy5jb20vcmVhZC8yMDIzLzA2LzA2LzE4NDQyNzAyNi93YXNraXRhLWRhbi13aWthLWRpZHVnYS1wb2xlcy1sYXBvcmFuLWtldWFuZ2FuLXBlbWVyaW50YWgtbGFrdWthbi1pbnZlc3RpZ2FzadIBhAFodHRwczovL2FtcC5rb21wYXMuY29tL21vbmV5L3JlYWQvMjAyMy8wNi8wNi8xODQ0MjcwMjYvd2Fza2l0YS1kYW4td2lrYS1kaWR1Z2EtcG9sZXMtbGFwb3Jhbi1rZXVhbmdhbi1wZW1lcmludGFoLWxha3VrYW4taW52ZXN0aWdhc2k?oc=5

2023-06-06 11:44:00Z
2114226101

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waskita dan Wika Diduga "Poles" Laporan Keuangan, Pemerintah Lakukan Investigasi - Kompas.com - Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.