Search

OECD: Ekonomi RI Bakal Tumbuh 5,2 Persen pada 2018

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, hal yang patut diperhatikan dalam hasil survei ekonomi Indonesia oleh OECD pada 2018 adalah keadaan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil pertumbuhan positif meski alami tekanan penurunan ekonomi global.

"Saya sangat senang bahwa pandangan umum OECD terhadap ekonomi Indonesia sangat positif dan inspirasi," ujar Sri Mulyani.

Survei ini, menurut Sri Mulyani menekankan agar pemerintah harus menaikkan pendapatan, memperkuat pemuda sebagai aset pembangunan yang belum termanfaatkan serta perkuat sektor pariwisata.

Menanggapi tiga hal itu, pemerintah telah persiapkan antara lain pemerintah menargetkan peningkatan pemasukan pajak 16,4 persen pada 2019.

Kemudian sejumlah program peningkatan kapasitas pemud antara lain pendidikan anak usia dini, akses terhadap sertifikasi guru dan dana operasional sekolah.

Sedangkan untuk pariwisata, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan khusus dan telah alokasikan dana khusus untuk mendukung pariwisata, dan melakukan pendekatan holistic sesuai dengan strategi nasional pariwisata.

Kemitraan dengan OECD ini adalah kesempatan untuk membagi pengalaman secara dua arah mengenai pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

"Pengalaman pembangunan segenap negara maju OECD banyak lessons learned yang bisa dihali untuk Indonesia, kita bisa ambil pengalaman mereka yang evidence based bisa digali," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menuturkan, Indonesia menjalin kerja sama dengan OECD karena sesuai dengan sifat masyarakat Indonesia yang senang belajar dan berbagi pengalaman.

Kerja sama Indonesia dan OECD meliputi area kebijakan ekonomi dan pembangunan yang meliputi administrasi dan kepatuhan perpajakan, pembangunan infrastruktur, perlindungan lingkungan, pengembangan UKM, perlindungan sosial, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan, dan Ditektur IMF mengunjungi korban gempa Lombo. Kedatangan ketiganya sekaligus mengecek proses pembangunan hunian sementara korban gempa

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3663992/oecd-ekonomi-ri-bakal-tumbuh-52-persen-pada-2018

Bagikan Berita Ini

0 Response to "OECD: Ekonomi RI Bakal Tumbuh 5,2 Persen pada 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.