Search

Miliarder Ini Sebut Sekolah Bukan Tempat Terbaik untuk Belajar Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Miliarder muda yang merupakan pendiri sekaligus CEO situs keuangan pribadi NerdWallet, Tim Chen memiliki nasehat unik buat Anda yang ingin merintis bisnis. Dia menyarankan Anda untuk mempelajari banyak hal di luar apa yang dipelajari di sekolah.

Bagi Chen, sekolah menjadi kendala jika bicara soal mendirikan sebuah perusahaan sukses. "Masalahnya sekolah mempersempit cara berpikir soal apa yang dibutuhkan untuk sukses. Pendidikan terlalu menitikberatkan pada bagaimana menyelesaikan berbagai tes dan mengesampingkan kemampuan siswa untuk berpikir kreatif," terang Chen seperti dilansir dari CNBC, Minggu (27/5/2018).

Pria yang kini memiliki perusahaan bernilai US$ 500 juta tersebut mengatakan, itu adalah alasan paling mendasar mengapa orang-orang cerdas justru menjadi pengusaha yang buruk saat terjun ke dunia bisnis.

Tak hanya itu, mereka yang cerdas di sekolah juga cenderung menjadi pemecah masalah yang buruk saat berbisnis. "Sekolah dapat menjadi pemberi nilai terburuk di dunia," katanya.

Itu lantaran para siswa dilatih untuk melihat sukses terbatas pada ujian di kertas hitam putih. Padahal sebaiknya para siswa dilatih untuk memandang kegagalan sebagai peluang untuk belajar.

"Jika Anda menganggap kegagalan sebagai sesuatu yang menarik dan penasaran mencari penyebabnya, maka Anda akan tumbuh jauh lebih baik," terang pria berusia 35 tahun tersebut.

Chen juga menambahkan, jika Anda akan merintis bisnis dan memandang setiap hambatan seperti kegagalan saat ujian maka selesai sudah. Anda akan berhenti mencoba dan sebenarnya justru menggagalkan diri sendiri.

Kenyataannya, banyak miliarder terkenal yang dulunya memutuskan untuk keluar dari sekolah seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Kebanyakan dari mereka mempertanyakan apakah sekolah mengajarkan semua yang dibutuhkan untuk menjadi sukses dalam berbisnis.

Bahkan Warren Buffett mengatakan, pendidikan terbaik yang Anda dapat adalah dengan berinvestasi pada diri sendiri. Dan itu tidak selalu berarti sekolah atau perguruan tinggi.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3537106/miliarder-ini-sebut-sekolah-bukan-tempat-terbaik-untuk-belajar-bisnis

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Miliarder Ini Sebut Sekolah Bukan Tempat Terbaik untuk Belajar Bisnis"

Post a Comment

Powered by Blogger.