Search

Industri Lokal Khawatir Adanya Serbuan Produk Kaca Asal Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Industri dalam negeri tengah bersiap menghadapi serbuan produk kaca lembaran asal Malaysia. Pasalnya, Indonesia menjadi target pasar bagi produsen kaca lembaran asal China yang membangun pabriknya di Indonesia.

‎Ketua Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengamanan, Yustinus Gunawan mengatakan, selama ini impor produk kaca lembaran asal China ke Indonesia terus meningkat. Hal ini akan diperparah dengan masuknya produk serupa asal Malaysia, yang investasinya juga dikuasai oleh China.

"Impor meningkat dari China, tapi kecenderungan akan tinggi dari malaysia. Di Malaysia itu sebenarnya pabrik dari China juga. China sudah membangun dua tungku di Malaysia dan hampir dipastikan untuk pasar Indonesia. Kapasitas (produksi) dia sudah hampir mendekati 1 juta ton per tahun. Jadi hampir mendekati kita. Kalau kita 1,2 juta ton per tahun," ujar dia di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Menurut dia, tujuan China membangun pabrik kaca di Malaysia karena memang ingin mengincar pasar Indonesia. Sebab, kebutuhan kaca lembaran di dalam negeri diperkirakan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan sektor properti dan otomotif.‎"Indonesia paling besar pertumbuhan properti dan otomotif. Produk turunannya juga ada seperti kaca cermin," kata dia.

Sedangkan saat ini produsen kaca lembaran di Tanah Air masih dihadapkan pada tingginya ‎harga gas. Hal ini yang membuat produsen loka khawatir kalah bersaing dengan produk-produk asal Malaysia tersebut.

‎"Karena Malaysia harga gasnya murah, sementara kita daya saingnya rendah. Selain impornya naik, ekspor kita juga terhambat. Kita kalah terutama di gas," ungkap dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3543522/industri-lokal-khawatir-adanya-serbuan-produk-kaca-asal-malaysia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Industri Lokal Khawatir Adanya Serbuan Produk Kaca Asal Malaysia"

Post a Comment

Powered by Blogger.