Search

Dikebut buat Mudik Lebaran, Jembatan Kali Kuto Dirakit di Lokasi

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan, konstruksi Jembatan Kali Kuto bakal menjadi jembatan pelengkung baja pertama di Indonesia yang perakitannya tidak dilakukan di pabrik, melainkan di lokasi pekerjaan.

Menurutnya, itu perlu dilakukan agar pengerjaan bisa dipercepat dan kelak bisa dipakai pada H-2 Lebaran 2018.

"Ini baru pertama kali dilakukan menurut Waagner (Waagner-Biro) sebagai subkontraktor, di-assembling di lokasi proyek," aku dia di lokasi proyek Jembatan Kali Kuto, seperti dikutip Minggu (27/5/2018).

Dia mengatakan, alasan perakitan in site tersebut diupayakan lantaran beban beratnya yang 2.400 ton, sehingga tidak menyulitkan bila harus dirakit dulu di pabrik asal.

"Kalau ini di-assembling di Jawa pun bawanya akan susah. Sehingga ini dibikin knock down, dipisah jadi 12 pieces, 6-6. Sekarang sudah dipasang 5-5," terang dia.

Basuki pun turut membandingkan pengerjaan jembatan pelengkung lain yang dirakit di pabrik, yakni Jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua. "Holtekamp assembling di PAL Surabaya, kemudian dibawa lewat laut," ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga tak lupa menyemangati para awak proyek Jembatan Kali Kuto, yang tengah merintis pembuatan jembatan melengkung pertama di Indonesia yang dikerjakan langsung di lokasi.

"Soal kendala, bila ada kesulitan akan diselesaikan langsung di sana. Tapi saya mau bilang, never give up, jangan pernah menyerah sehingga semua bisa diatasi," tutur Basuki.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3540380/dikebut-buat-mudik-lebaran-jembatan-kali-kuto-dirakit-di-lokasi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dikebut buat Mudik Lebaran, Jembatan Kali Kuto Dirakit di Lokasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.