Search

Kampanye Hitam Sawit oleh Eropa Tak Bikin RNI Takut

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye hitam berupa larangan ekspor minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) oleh Uni Eropa tidak membuat para pengusaha nasional takut. Alasannya, masih ada pasar lain yang bisa dikembangkan. 

Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Didik Prasetyo menjelaskan, larangan ekspor minyak kelapa sawit yang dikeluarkan oleh Uni Eropa tidak serta merta akan menghentikan produksi. Sebab, menurutnya sebagian besar hasil produksi minyak sawit pada anak perusahaan PT Perkebunan Mitra Organ masih berpaku pada penjualan lokal.

"Jadi kalo kaitannya dengan embargo karena tadi sudah sampaikan bahwa sampai saat ini baru pada penjualan lokal," ungkap Didik di Gedung RNI, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Didik mengatakan, meski sebagian besar produksi minyak sawit yang dihasilkan anak perusahaannya masih berada di lokal, namun tetap akan sedikit berdampak pada harga CPO.

"Barangkali pengaruhnya di harga CPO. Kalo ada embargo akan pengaruhi tingkat harga yang dijual. Yang nanti akan pengaruhi kinerja," imbuhnya.

Didik berharap, meskipun Eropa melakukan larangan terhadap minyak sawit Indonesia secara signifikan dampaknya tidak akan terlalu besar. Menurut dia, selain Uni Eropa masih ada pangsa besar lainnya seperti India.

"Karena salah satu penghasil devisa terbesar Indonesia adalah CPO, jadi masih banyak juga pasar-pasar yang selama ini, contoh India pasar ekspor CPO terbesar, sebenernya masih bisa.Pengaruh diharga barang kali tidak terlalu signifikan," imbuhnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3544893/kampanye-hitam-sawit-oleh-eropa-tak-bikin-rni-takut

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kampanye Hitam Sawit oleh Eropa Tak Bikin RNI Takut"

Post a Comment

Powered by Blogger.