Search

Sederet Dampak Naiknya Bunga Acuan BI - detikFinance

Jakarta -

Bank Indonesia (BI) resmi mengumumkan kenaikan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) 0,25% menjadi 6% pada Kamis (19/10). Langkah ini dilakukan BI sejak terakhir kali melakukan penyesuaian pada Januari 2023 atau setelah ditahan delapan bulan.

Pengamat perbankan, Paul Sutaryono mengatakan, kenaikan suku bunga acuan BI merupakan sebuah langkah strategis. Hal ini dilakukan untuk menahan agar depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tak terlalu tinggi.

"Hal itu juga sebagai langkah jitu untuk melakukan antisipasi terhadap kenaikan suku bunga acuan AS (The Fed Fund Rate/FFR) yang diprediksi bakal naik. Kenaikan itu bertujuan untuk mencapai target inflasi AS 2%," kata Paul kepada detikcom, Jumat (20/10/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bank Bakal Naikkan Bunga Kredit?

Kenaikan suku bunga BI identik punya efek domino terhadap kenaikan bunga kredit perbankan, termasuk KPR, hingga bisa berujung ke peningkatan harga produk dan jasa. Meski begitu, Paul menilai kenaikan kali ini tak akan berdampak demikian.

"Mengapa? Lantaran likuiditas perbankan masih cukup tinggi," imbuhnya.

Menurutnya, hal itu tampak pada rasio alat likuid (non-core deposit) (AL/NCD) 118,50% jauh di atas ambang batas 50%. Demikian pula dengan alat likuid/DPK (AL/DPK) 26,49%, masih di atas ambang batas 10%.

Senada, Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BCA) David Sumual menilai, sejauh ini bank masih belum menunjukkan pergerakannya. Apalagi didukung dengan likuiditas yang terbilang masih cukup baik, ditambah dengan persaingan yang cukup ketat di industri. Meski demikian, menurutnya dampak kebijakan ini akan berbeda-beda menyesuaikan dengan sektor kredit beserta segmentasi pasarnya.

"Mungkin kebanyakan bank masih lihat dulu, wait and see. Tapi biasanya yang paling cepat money market (pinjaman dana jangka pendek) dulu kalau suku bunga naik, langsung berdampak ke situ. Banyak yang suku bunganya floating, misalnya suku bunga patokan, labour rate (upah). Jadi kalau Fed naik, kecenderungan labour rate naik, ya otomatis kredit mereka suku bunganya naik," ujar David, saat dihubungi terpisah.

Selain itu, menurutnya kenaikan ataupun penurunan suku bunga acuan belum tentu berdampak linear terhadap bunga kredit perbankan. Menurutnya, tren dalam setahun terakhir justru menunjukkan ada beberapa yang menerapkan sebaliknya. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan bagi perbankan, namun memang utamanya ialah suku bunga patokan, diimbangi dengan kondisi persaingan.

"Ada beberapa yang kecenderungan turun (bunga), misalnya KPR, persaingannya keras sekali jadi malah banyak yang menurunkan, ada promo-promo, macem-macem, yang terkait kredit konsumtif malah cenderung turun. Kredit kendaraan bermotor itu kan banyak yang promo," jelasnya.

Kapan bank respons suku bunga BI? Cek halaman berikutnya.

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiUWh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vbW9uZXRlci9kLTY5OTQyMTMvc2VkZXJldC1kYW1wYWstbmFpa255YS1idW5nYS1hY3Vhbi1iadIBAA?oc=5

2023-10-21 13:15:43Z
2494861508

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sederet Dampak Naiknya Bunga Acuan BI - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.