Search

Menko Darmin Beberkan Jurus buat Genjot Penerimaan Devisa

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution membeberkan cara pemerintah untuk menggenjot penerimaan devisa di tengah kondisi ekonomi saat ini.

Dia mengatakan, ada beberapa sektor yang sudah dipersiapkan seperti pariwisata. "Untuk pariwisata kita sudah merumuskan langkah-langkah konkret. Kita sudah banyak mengarahkan pembangunan untuk pariwisata itu tentu saja soal infrastruktur dan hotel," ujar Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Darmin menjelaskan, selain memperbaiki infrastruktur pariwisata, pemerintah juga memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus UKM di daerah pariwisata.

"Kita juga merumuskan pemberian KUR untuk UKM di daerah pariwisata seperti homestay, restoran kecil, penjualan kerajinan. Itu konkret," ujar dia.

Darmin mengatakan, pemerintah juga sedang merancang perluasan penggunaan Biodisel 20 persen atau B20 untuk non Public Service Obligation atau non subsidi. Hal ini diyakini akan menghemat devisa karena akan berdampak pada pengurangan penggunaan solar.

"Kedua, pemerintah juga memutuskan segera melaksanakan B20 untuk biodiesel baik PSO maupun non PSO. Itu akan menghemat devisa karena dia akan mengurangi penggunaan solar yang tadinya hanya untuk PSO yang B20, ke depannya akan menggunakan B20 untuk semua penggunaan solar dalam negeri," ujar dia. 

Langkah-langkah ini kata Darmin Nasution, masih terus dimatangkan pemerintah, termasuk mendorong tambahan ekspor batu bara.

"Sekarang itu juga sedang dibahas, dan dievaluasi oleh Kementerian ESDM dan Kemenko Maritim, persoalan mendorong tambahan ekspor batu bara. Itu konkret, bukan abstrak dan bukan angan-angan," ujar dia.

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3608909/menko-darmin-beberkan-jurus-buat-genjot-penerimaan-devisa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menko Darmin Beberkan Jurus buat Genjot Penerimaan Devisa"

Post a Comment

Powered by Blogger.