Search

Soal Inovasi, Kepala Bappenas Ingin RI Contoh Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, Indonesia harus mencontoh Korea Selatan dalam memanfaatkan kegiatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) untuk keluar dari julukan negara berpendapatan menengah.

RnD yang dimaksud salah satunya bertujuan melakukan inovasi.  "Saya lihatnya jangan tanggung-tanggung ASEAN. Kita lihat langsung ke Korea Selatan. Itu bisa jadi patokan karena bisa keluar dari middle income trap (negara berpendapatan menengah) karena basisnya RND," ujar Menteri Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Bambang mengatakan, pemerintah telah berupaya mengajak swasta untuk ikut serta melakukan RND di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan insentif berupa tax deduction kepada perusahaan yang melakukan penelitian tanpa dana pemerintah. 

"Kita mengajak peran swasta, mendorong agar perusahaan di Indonesia mengembangkan RND sehingga ada jalur penelitian dari non pemerintah. Jadi tidak harus penelitian hanya datangnya dari pemerintah," ujar Bambang. 

Mantan Menteri Keuangan tersebut menambahkan, inovasi ke depan akan sangat berbasis kepada RND dan dibutuhkan untuk menghadapi persaingan ekonomi.

Tidak bisa dipungkiri, RND juga sangat berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi karena akan berdampak kepada ekspor Indonesia

"Inovasi dan enterpreneurship ke depan akan sangat berbasis kepada RND. Tidak lagi inovasi yang kurang signitific base. RND ini sudah jadi kebutuhan untuk antisipasi persiangan masa depan,” ujar dia.

"Namanya daya saing, kemampuan ekspor produk, kemampuan kita mendorong investasi skala besar sangat bergantung pada kemampuan RND kita," tambah dia. 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3632239/soal-inovasi-kepala-bappenas-ingin-ri-contoh-korea-selatan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soal Inovasi, Kepala Bappenas Ingin RI Contoh Korea Selatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.