Search

CPNS Kementerian PUPR Siap Bantu Korban Gempa Lombok

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerbangkan sebanyak 198 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pria angkatan 2017 dengan dua pesawat Hercules milik TNI AU dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat 31 Agustus 2018.

Rombongan CPNS itu sengaja dilepas untuk menjadi tenaga pendamping bagi masyarakat Lombok dalam membangun rumah kualitas tahan gempa.

Pada Kamis, 30 Agustus 2018 kemarin, Kementerian PUPR telah memberangkatkan 178 orang insinyur muda dengan dua pesawat Hercules di Bandung, serta 24 orang dengan mengenakan pesawat komersil lantaran keterbatasan kapasitas kapal milik TNI AU tersebut.

Dalam sambutannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mewanti-wanti kepada jajaran CPNS 2017 yang pihaknya utus, agar dapat bekerja dengan baik di lapangan serta menjaga nama baik institusi.

"Kalian akan berada di NTB untuk mendampingi masyarakat NTB yang kena dampak bencana gempa bumi. Jadi ini bukan wisata gempa bumi. Pesan saya, jaga kredibilitas institusi PUPR, khususnya dalam mendampingi masyarakat membangun rumah mereka kembali," ungkapnya di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Dia memperkirakan, terdapat lebih dari 78 ribu rumah warga lokal yang rusak berat akibat diguncang bencana. Selain memberangkatkan calon aparatur sipil negara barunya, lanjutnya, Kementerian PUPR juga telah memberi bantuan senilai Rp 50 juta agar bisa merekonstruksi ulang hunian yang hancur.

"Kami diberi waktu 6 bulan harus selesai untuk rumah penduduk, kalau sarana dan prasarana publik tadi sampai dengan akhir Desember 2019. Untuk bangun rumah penduduk, kami memberangkatkan insyinyur muda Kementerian PUPR yang diterima 2017 kemarin dan sekarang dalam pendidikan dasar," paparnya.

"Mulai besok (Sabtu, 1/9/2019) dan Minggu (2/8/2018), mereka dilakukan training bersama masyrakat untuk mmbangun Risha (Rumah Instan Sederhana Sehat). Nanti akan dibentuk tim, satu tim 9 orang, ada TNI, masyarakat mahasiswa, dan PUPR," dia menambahkan.

Selain itu, Menteri Basuki menyebutkan, sebanyak 400 CPNS 2017 Kementerian PUPR tetap akan berada di Lombok sampai masyarakat setempat bisa terbantu membangun rumah sendiri.

"Enggak ada batas waktu. Pendidikan hanya dua hari saja, tanggal 1 September harus mulai dibangun," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gempa yang mengguncang Pulau Lombok beberapa waktu lalu membuat ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3633081/cpns-kementerian-pupr-siap-bantu-korban-gempa-lombok

Bagikan Berita Ini

0 Response to "CPNS Kementerian PUPR Siap Bantu Korban Gempa Lombok"

Post a Comment

Powered by Blogger.