Search

Bandara Kulon Progo Ditargetkan Beroperasi Maret 2019

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menargetkan Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport bisa beroperasi pada Maret 2019. Keberadaan bandara ini diharapkan mampu menggenjot peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Borobudur dan sekitarnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini perkembangan pembangunan bandara tersebut baru sekitar 15 persen. Namun diyakini bandara tersebut bisa beroperasi pada tahun depan.

"(Progress) Saya enggak tahu persis ya kira 10 persen sampai 15 persen, tapi kan (pembebasan) lahan sudah selesai semua," ujar dia di Yogyakarta, Rabu (29/8/2018).

Budi meyakini keberadaan bandara ini bisa menambah jumlah wisman ke Borobudur dan sekitarnya hingga 1 juta kunjungan per tahun.

"Kita ingin menyongsong turis (wisman) ke 20 juta (di 2019). Yogyakarta salah satu kantong yang diharapkan menampung kegiatan turis itu. kalau Jogja bisa menampung secepatnya, tahun depan itu 20 juta enggak susah kita lakukan," lanjut dia.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, meski telah terkenal di luar negeri, namun kontribusi wisman yang datang langsung ke Bodobudur sekitarnya masih terhitung kecil, yaitu hanya 1 persen.

Sebab kebanyakan wisman yang berkunjung ke candi tersebut biasanya ke Bali atau Jakarta terlebih dulu."Untuk Yogyakarta, itu kontribusi 1 persen yang direct flight," kata dia.

Padaha, kata dia, Indonesia memiliki culture dan nature salah satu terbaik di dunia. Tapi wisman yang ke Borobudur hanya 250 ribu. Sedangkan wisman di Angkor Wat (Kamboja) itu 25 juta, jadi 10 kali lipat," kata dia.

Menurut Arief rendahnya tingkat kunjungan wisman ke Borobudur lantaran kapasitas bandara Adisucipto yang terbatas. Maka dengan beroperasinya Bandara Kulon Progo di 2019 diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan berkali-kali lipat ke Borobudur dan sekitarnya.

"Bandara yang ada tidak bisa menampung wisman. Tapi dengan New Yogyakarta ini di 2019 bisa 450 ribu (tambahan wisman), ke depannya mungkin bisa 2 juta," tandas dia.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3631359/bandara-kulon-progo-ditargetkan-beroperasi-maret-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bandara Kulon Progo Ditargetkan Beroperasi Maret 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.