Search

Miliarder Thailand Terluka Gara-Gara Diserang Biawak

Biawak merupakan salah satu hewan yang kerap ditemui di Indonesia. Biawak raksasa atau yang disebut komodo, juga dilindungi kalangan pecinta alam agar masyarakat lebih bijak dalam menghadapi fauna ini. 

Staf Bidang Pengendalian Ekosistem Hutan (PEH) Balai Taman Nasional Komodo Ande Kefi mengatakan komodo (Varanus komodoensis) atau biawak raksasa pernah dibunuh warga karena mengira binatang pembawa hama.

"Kehadiran satwa komodo itu sempat membingungkan warga setempat karena kurangnya pemahaman mengenai biawak raksasa yang merupakan komodo (Varanus komodoensis)," ucap Ande kepada Liputan6.com, Selasa (24/7/2018).

Dia menjelaskan, warga setempat menganggap satwa purba tersebut merupakan hama, bukan komodo.

"Warga yang belum tahu tentang komodo mereka menganggap ini adalah hama bukan komodo, sehingga ada komodo yang dibunuh," katanya.

Dijelaskannya, keberadaan satwa purba komodo tidak hanya di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, namun juga tersebar di wilayah utara Pulau Flores.

Berdasarkan hasil riset Owen Ovenberg, lanjutnya, penyebaran komodo itu ada dan berkembang biak hampir di seluruh pantai utara Pulau Flores.

"Ini berdasarkan hasil riset. Bahkan hasil riset itu menyebutkan penyebaran satwa komodo sampai ke Tanjung Watu Manuk di Kabupaten Sikka atau di wilayah bagian timur Pulau Flores," imbuh Ande.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3767851/miliarder-thailand-terluka-gara-gara-diserang-biawak

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Miliarder Thailand Terluka Gara-Gara Diserang Biawak"

Post a Comment

Powered by Blogger.