Search

Tak Terbendung! Asing Belanja, IHSG Terbang 2% - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pertama bulan Oktober, Kamis(1/10/20) ditutup terbang 2,05% di angka 4.970,09 dampak sentimen positif dari pasar global.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi beli bersih sebanyak Rp 65 miliar di pasar reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 7,1 triliun.

Saham yang paling banyak dilego asing hari ini adalah PT Astra Internasional Tbk (ASIII) dengan jual bersih sebesar Rp 27 miliar dan PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) yang mencatatkan net sell sebesar Rp 14 miliar.


Sementara itu saham yang paling banyak dikoleksi asing hari ini adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dengan beli bersih sebesar Rp 131 miliar dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan net buy sebesar Rp 52 miliar.

Penguatan bursa nasional memang terbawa sentimen positif global di mana Amerika Serikat (AS) dikabarkan kian dekat mencapai kesepakatan stimulus. Jika stimulus dicairkan, maka ekonomi Negara Adidaya tersebut berpeluang lebih besar untuk bertahan di tengah pandemi.

"Saya bilang kita akan mencoba lagi lebih serius untuk menyelesaikan ini dan saya pikir ada harapan bahwa kita bisa menuntaskannya... ada alasan untuk berkompromi di sini," ujar Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dalam forum yang digelar CNBC International.

Perkembangan positif juga datang dari penanganan pandemi, di mana perusahaan farmasi Regeneron mengumumkan bahwa obatnya yang bernama REGN-COV2 bisa mengurangi tingkat viralitas virus corona dan memperbaiki kondisi.

Dari dalam negeri data kurang enak datang dari rilis data Badan Pusat Statistik (BPS), yang menunjukkan pada September terjadi deflasi sebesar 0,05% yang artinya selama kuartal ketiga tahun 2020, Indonesia terus-terusan mengalami deflasi yang mengindikasikan adanya masalah daya beli masyarakat.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiaWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIwMTAwMTE1MTQxNi0xNy0xOTA5MTcvdGFrLXRlcmJlbmR1bmctYXNpbmctYmVsYW5qYS1paHNnLXRlcmJhbmctMtIBAA?oc=5

2020-10-01 08:21:25Z
52782406539548

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Terbendung! Asing Belanja, IHSG Terbang 2% - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.