TEMPO.CO, Jakarta - Manajemen PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memastikan tidak akan menggantikan dana sebesar Rp 128 juta yang dilaporkan hilang oleh salah satu nasabahnya. Hal ini didasarkan pada hasil investigasi yang dilakukan oleh bank pelat merah tersebut.
Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Atturidha menjelaskan, proses investigasi berlangsung selama 11 hari kerja. Usai investigasi, bank milik negara itu menyatakan tidak dapat melakukan penggantian dana karena telah terjadi kebocoran pin ATM transaksi itu tergolong sah.
“Berdasarkan investigasi internal, transaksi yang disanggah merupakan transaksi yang sah dengan kartu Mandiri debit dan PIN yang sesuai sehingga Bank Mandiri tidak bertanggung jawab dan tidak dapat memberikan penggantian atas dana yang hilang tersebut,” kata Rudi dalam keterangannya, Sabtu, 22 Mei 2021.
Lebih jauh Rudi menjelaskan, sesuai rekaman pengaduan nasabah ke call center 14000, Bank Mandiri memperkirakan nasabah telah menjadi korban kejahatan dengan modus penukaran kartu debit dan penguasaan PIN.
Pasalnya, kartu debit yang dipegang nasabah berbeda dengan kartu debit yang terdaftar di Bank Mandiri. Sedangkan kartu yang dipakai bertransaksi tidak lagi dalam penguasaan nasabah. “Kami telah menyampaikan dan menindaklanjuti permasalahan tersebut kepada nasabah dan pihak terkait lainnya,” ujar Rudi.
Penjelasan ini disampaikan merespons laporan seorang nasabah Bank Mandiri bernama Asrizal Askha yang mengaku kehilangan dana sebesar Rp 128 juta. Perseroan mengkonfirmasi kabar tersebut.
“Sehubungan dengan laporan kehilangan dana nasabah atas nama Asrizal Askha, kami sungguh prihatin dan menyesalkan kejadian kehilangan tersebut,” kata Rudi.
Kejadian ini bermula saat nasabah bernama Asrizal hendak menarik saldonya di anjungan tunai mandiri (ATM) pada 6 Februari 2021. Semestinya, uang di ATM itu berjumlah Rp 128 juta. Namun saat dicek, saldo ATM Asrizal kosong alias Rp 0.
https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMicmh0dHBzOi8vYmlzbmlzLnRlbXBvLmNvL3JlYWQvMTQ2NDg1MC9iYW5rLW1hbmRpcmktdGFrLWFrYW4tZ2FudGktZGFuYS1uYXNhYmFoLXlhbmctaGlsYW5nLXJwLTEyOC1qdXRhLWFwYS1zZWJhYm55YdIBcWh0dHBzOi8vYmlzbmlzLnRlbXBvLmNvL2FtcC8xNDY0ODUwL2JhbmstbWFuZGlyaS10YWstYWthbi1nYW50aS1kYW5hLW5hc2FiYWgteWFuZy1oaWxhbmctcnAtMTI4LWp1dGEtYXBhLXNlYmFibnlh?oc=5
2021-05-22 13:48:38Z
52782776974823
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Bank Mandiri Tak Akan Ganti Dana Nasabah yang Hilang Rp 128 Juta, Apa Sebabnya? - Bisnis Tempo.co"
Post a Comment