Search

Kendaraan Listrik Dapat Insentif, MTI: Indonesia Justru Krisis Transportasi Umum - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno merespons rencana pemerintah untuk memberikan insentif pembelian kendaraan listrik untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Djoko menilai pelaku UMKM tidak memerlukan motor listrik melainkan membutuhkan tambahan modal untuk usaha. "Indonesia kini justru tengah krisis tranportasi umum dan krisis keselamatan lalu lintas," tutur dia dalam keterangannya kepada Tempo, Rabu, 8 Maret 2023. 

Ia mengatakan saat ini setiap pelaku UMKM sudah memiliki motor, bahkan lebih dari satu motor dalam tiap rumah tangga. Orang yang hidup di kolong jembatan pun, tuturnya, bisa memiliki motor. 

Djoko menyayangkan pemerintah Indonesia mencontoh sistem transportasi dari luar negeri hanya sepenggal-sepenggal atau tidak menyeluruh. Menurut dia, fasilitas transportasi umum di luar negeri sudah bagus terlebih dahulu sebelum dibenahinya kebijakan mobil listrik. 

"Dan bukan target motor listrik," kata dia. Dia menilai tidak ada kebijakan motor listrik seperti di Indonesia di negara lainnya. Karena, menurutnya, pemerintah negara lain sangat memahami bahwa risiko motor lebih tinggi ketimbang mobil.

Menurut Djoko, ada kompetisi antara kepentingan ekonomi dengan keselamatan publik. Dia berujar pemerintah harus bisa menyandingkan keduanya. 

Selanjutnya: "Di Indonesia banyak orang pintar,..."

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMic2h0dHBzOi8vYmlzbmlzLnRlbXBvLmNvL3JlYWQvMTY5OTk5MS9rZW5kYXJhYW4tbGlzdHJpay1kYXBhdC1pbnNlbnRpZi1tdGktaW5kb25lc2lhLWp1c3RydS1rcmlzaXMtdHJhbnNwb3J0YXNpLXVtdW3SAQA?oc=5

2023-03-08 04:07:02Z
1808157653

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kendaraan Listrik Dapat Insentif, MTI: Indonesia Justru Krisis Transportasi Umum - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.